POSTED ON 03 Nov 2015

381 0

Mempersiapkan Panjat Tebing Untuk Pemula



Movers, olahraga apa sih yang kamu suka? Futsal? Basket? Badminton? Kalau kamu mulai bosen sama olahraga yang biasa biasa aja, kamu boleh coba olahraga ekstrim yang lebih bersatu dengan alam seperti panjat tebing. Ngeri? Iya memang sih, panjat tebing bikin ngeri banget, apalagi untuk pemula yang belum pernah coba sama sekali, tapi, dengan mengikuti persiapan, latihan, dan tips-tips dari para profesional, kamu bisa menghadapi pemanjatan pertama kamu dengan baik kok. Apa saja tipsnya? Yuk simak di sini.

  1. Pergi ke tempat latihan panjat tebing, biasanya terletak di toko-toko peralatan outdoor besar. Di sana ada peralatan yang lengkap dan juga instruktur yang siap ngasih kamu latihan-latihan dasar panjat tebing. Selain itu juga banyak para pemanjat pro yang sedang berlatih sehingga kamu bisa belajar di sana.
  2. Ketahui alat-alatnya seperti sepatu manjat dengan sol karet yang sangat lengket, sabuk pengekang atau harness yang mengikat pemanjat dengan tali, belay atau penambat besi yang mengunci tali dan membantu pemanjat saat naik (belaying) atau turun (rappelling) serta karabiner besi yang mengaitkan tali panjat dengan harness.
  3. Latihan yang baik akan membuat gerakan kamu saat memanjat lebih sempurna, kamu juga bisa membuat papan panjat kecil dengan tinggi dan ukuran bebatuan yang berbeda untuk melatih teknik memanjat.
  4. Ingat bahwa panjat tebing adalah olahraga yang berbahaya, dan sesempurna apapun saat kamu latihan di panjat tebing buatan dan indoor akan sangat berbeda saat dipraktekkan di tebing alami. Oleh sebab itu, jangan pergi ke luar sebelum kamu benar-benar siap.
  5. Saat mulai memanjat tebing di luar, pergilah dengan yang berpengalaman agar kamu dapat belajar dari mereka.
  6. Meskipun kamu pergi memanjat dengan yang berpengalaman, jangan tergantung pada mereka, dan tanggung jawab tetap ada pada kamu sendiri, periksa semua sendiri untuk keamanan kamu.
  7. Ingat bahwa memanjat tidak hanya mengandalkan tangan untuk menarik tubuh, tapi juga kaki sebagai titik tolak.
  8. Jangan sampai alasan takut akan ketinggian mencegah kamu dari memanjat tebing dan takut jatuh, karena itu merupakan sifat dasar manusia.
  9. Percaya pada belayer (orang yang memegangi tali).
  10. Saat kamu sudah ‘terjebak’ pada dunia panjat tebing, kamu bisa membeli peralatan sendiri, tapi sebagai permulaan, kamu bisa menyewa alat-alat seperti harness, helm, karabiner, dan peralatan belay dan rappel, serta sepasang sepatu memanjat karena nyaman di kaki dan tidak licin saat menginjak batu.

img: www.ep-uk.com


Tags :

Share on :