POSTED ON 31 Juli 2015

535 1

Tips Makan Sahur Supaya Gak Lemes Saat Puasa



 

Movers, siapa coba yang di kampus dan di sekolahnya gampang haus dan laper pas puasa? Mungkin pas sahur kamu gak makan dengan maksimal ya? Eits, nanti dulu, maksimal bukan berarti makan sebanyak-banyaknya, tapi makan dengan cara yang tepat sehingga sahur kamu maksimal dalam mengisi nutrisi yang cukup bikin kamu semangat seharian penuh.

Menurut laman gardaakses.com berikut adalah cara-cara agar kamu tetap segar sepanjang hari saat puasa.

 

Berlebihan? No! Makanlah dengan normal

Kalau Movers biasanya makan 2 centong nasi sekali makan, maka pas sahur juga segitu aja, gak usah jadi berlebihan karena bakal bikin kamu terlalu kenyang dan berujung gak enak perut. Selain itu, makan terlalu banyak juga bikin badan cepet dehidrasi lho. Makanya, makan secukupnya aja ya, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, tapi juga jangan terlalu sedikit, nanti malah makin lemes dong.

 

Jangan cuma nasi, andelin juga karbohidrat kompleks

Apa sih karbohidrat kompleks? Karbohidrat kompleks adalah jenis karbohidrat yang proses metabolismenya lebih lama daripada nasi sehingga bikin tubuh kamu kenyang lebih lama. Dengan demikian cadangan energi kamu lebih lama. Karbohidrat kompleks juga mencegah dehidrasi karena bisa ngebantu badan kamu nyerap air dengan lebih efisien. Jenis-jenis dari karbohidrat kompleks yang bisa kamu konsumsi adalah nasi merah, gandum utuh, roti gandum, biji-bijian, serta buah dan sayuran.

 

Makan pelan-pelan

Saat kamu makan, jangan terburu-buru mengunyah makanan yang ada di mulut karena bakal ngeganggu kadar gula  dalam darah. Terganggunya kadar gula darah bakal bikin kamu cepet laper lagi dan badan kamu bakal kerja lebih keras untuk nyerap nutrisi makanan yang kita konsumsi kalau kita makan buru-buru. Proses penyerapan nutrisi yang kurang sempurna ini bakal bikin kamu cepet ngerasa lemes.

 

Air putihnya jangan lupa

Kurangi konsumsi teh atau minuman manis lainnya dan beralih ke air putih dan maksimalkan kebutuhan cairan kamu dengan 4 gelas air putih saat sahur. Kalau mau minuman manis atau teh, tahan deh sampai buka karena minuman manis bisa menghasilkan tambahan energi, tapi energi yang dihasilkan juga lebih banyak hilang. Nah, kalau sahur, tentu gak cocok dong yang bikin kamu cepet lemes lagi?

 

Tags :

Share on :