POSTED ON 13 Mei 2015

568 0

SEBERAPA PENTINGNYA KALSIUM BAGI ANAK DAN REMAJA


Kalau biasanya kebutuhan kalsium itu penting buat orang tua atau lansia, ternyata nutrisi yang tepat juga tidak kalah penting untuk remaja dan anak-anak. justru pertumbuhan tulang dengan Kalsium berhenti di usia remaja. Oleh karena itu, Kalsium penting banget bagi anak-anak dan remaja.

Laman Kidshealth mengatakan bahwa kalsium tubuh mulai menurun saat dewasa muda dan dengan cepat berkurang seiring dengan bertambahnya usia. Dengan menabung kalsium di usia muda, kita, terutama wanita, dapat mengurangi resiko osteoporosis. Jika kita kekurangan kalsium dan nutrisi yang cukup di usia muda, maka resiko osteoporosis akan semakin besar dan dapat memicu patah tulang karena tulang yang lemah.

Tidak hanya di usia dewasa, kekurangan kalsium serta Vitamin D yang membantu penyerapan Kalsium di usia anak-anak dan bayi bisa memperbesar resiko terkena rakhitis lho Movers. Itu tuh.. Penyakit yang menyebabkan tulang melunak dan sebagian anggota tubuh membungkuk. Selain itu, penderita rakhitis juga mengalami pertumbuhan yang minim dan kerap mengalami sakit otot atau otot yang lebih lemah.

Peran Kalsium dalam kontraksi otot adalah dengan cara mengirim pesan melalui saraf dan mengeluarkan hormon, sehingga jika asupan kalsium pada darah menjadi rendah. Berat ya obrolan kita? Buat buka wawasan Movers juga kok.. Jadi jangan bosan ya..  Tubuh Movers akan mengambil kalsium dari tulang untuk memastikan fungsi sel dapat berjalan dengan normal. Itulah pentingnya pasokan kalsium yang cukup. Jangan lupa dibarengin sama aktivitas fisik yang sesuai usia dan kemampuan kamu. Jadi nantinya tulang kamu bisa tetap kuat saat Movers dewasa.

Menurut Institute of Medicine di America Serikat, rekomendasi asupan Kalsium harian bagi pertumbuhan tulang yang optimal berbeda-beda tergantung pada umur. Anak-anak berusia 1-3 tahun membutuhkan 700 mg Kalsium per hari, 4-8 tahun 1.000 mg, dan 8-18 tahun 1.300 mg per hari. Selain Kalsium, Vitamin D bagi anak dan remaja berusia 1-18 tahun juga harus dipenuhi sebanyak 600 IU per hari.


Tags :

Share on :