POSTED ON 17 Feb 2016

129 0

Apa Sih Bedanya Record Label Indie sama Record Label Major?


Kalau Movers anak band yang suatu saat ingin karyanya dikenal banyak orang pasti sempet berhadapan sama pertanyaan “lebih enak berada di bawah record label indie atau record label major ya?”. Bener gak Movers? Sebelum ngejawab pertanyaan itu, kalian harus tahu dulu bedanya record label indie sama record label major.

Pada dasarnya, semua record label baik itu indie ataupun major memiliki tujuan yang sama yaitu memperkenalkan band atau musisi yang berada dibawah naungan mereka kepada banyak orang. Kemudian record label sering dibagi menjadi 2 kelompok, record label indie dan record label major.

 

Record Label Indie

Jika dilihat dari namanya, kata indie merupakan kependekan dari independent yang berarti bebas dan berdiri sendiri. Berdiri sendiri dalam record label indie maksudnya si band atau musisi dapat lebih leluasa dalam memperkenalkan hasil karya mereka dengan cara yang lebih leluasa dan mandiri. Bentuk kerjasama antara record label indie dengan band juga dikenal lebih fleksibel daripada record label major. Karena pengerjaan segala sesuatunya dilakukan secara mandiri, record label indie sering dibilang memiliki kekuranga dalam hal pencapaian seperti jangkauan yang kurang luas dan penjualan yang tidak sebanyak record label major. Namun, banyak band yang merasa nyaman berada di bawah naungan record label indie karena idealisme mereka dalam bermusik tetap bisa diwujudkan tanpa adanya batasan dari pidak label.

 

Record Label Major

Berbeda dengan record label indie, record label major merupakan kebalikan dari hampir segala hal. Sebuah record label major sering menghasilkan banyak band atau musisi yang terkenal. Pencapaian tersebut merupakan hasil kerja keras banyak orang yang terlibat sebuah record label major. Jika record label indie merupakan sebuah perusahaan yang relatif kecil, record label major merupakan sebuah perusahaan yang besar dengan banyak orang di dalamnya. Setiap orang yang berada dalam record label memerankan berbagai tugasnya masing-masing sehingga dapat membuat band atau musisi yang berada di dalamnya bisa lebih dikenal banyak orang. Satu hal yang biasanya tidak disukai para band atau musisi yang berada dibawah naungan major label adalah adanya sedikit batasan mengenai idealisme bermusik mereka karena pihak record label sedikit banyak akan menentukan hasil akhir dalam karya musik mereka.

 

Sekarang udah pada tahu kan Movers, perbedaan record label indie sama record label major. Dua-duanya memiliki kelebihan dan kekurangan dan bisa disesuaikan sama visi misi band yang kalian punya. Jadi, lebih tertarik mana Movers, record label indie atau record label major?


Tags :

Share on :