POSTED ON 11 Jan 2016

141 1

Protein dari Susu Bisa Ngelawan Penyakit Jantung


 

 

Movers, seberapa penting sih minum susu untuk kamu setiap harinya? Untuk kamu yang rutin minum susu, tahu enggak sih kalau susu itu mengandung protein yang bagus untuk jantung kamu. Penelitian terbaru yang dipublikasikan di Journal of Dairy Science bilang kalau ada senyawa protein pada susu bisa ngebantu ngelawan penyakit jantung.

 

Senyawa protein itu terbentuk pas terjadi sebuah reaksi yang namanya Maillard. Apa itu reaksi Maillard? Itu adalah reaksi kimia antara asam amino dan pengurangan gula yang ngehasilin makanan yang warnanya cokelat seperti daging steak yang abis dibakar, atau roti yang baru loncat keluar dari toaster. Nah, pas protein dan gula itu bercampur dan dipanasin, senyawa kimia baru terbentuk. Sebagian dari senyawa itu ngebentuk rasa baru, dan sebagian lainnya bisa ngelindungin dari penyakit kardiovaskuler.

 

Peneliti dari RandD Center, Seoul Dairy Cooperative, the College of Life Science and Biotechnology, Korea University, the BK21 Plus Graduate Program, Department of Animal Science dan Institute Agricultural Science and Technology, Chonbuk National University, Korea Selatan sepakat untuk bilang bahwa senyawa yang kebentuk di produk susu bisa nurunin total serum, kolesterol LDL, dan trigliserida pada tikus.

 

Senyawa-senyawa ini juga bisa ngelindungin paru-paru dari tromoemboli akut sebaik aspirin, tanpa konsekuensi pendarahan yang sering terjadi pada terapi aspirin. Younghoon Kim dari Chonbuk National University juga bilang kalau penemuan ini adalah kemajuan yang besar banget untuk penelitian tentang protein pada susu, dan ngeindikasiin kalau mereka bisa nyaranin susu sebagai potensi antioksidan dan bahan-bahan yang ngelindungin sistem kardio untuk berbagai pemakaian.

 

Nah, makanya mulai dari sekarang, enggak ada salahnya kamu memulai hari dengan segelas susu, dan juga segelas susu hangat sebelum tidur. Selain menyehatkan tulang, ternyata susu juga menyehatkan jantung juga. Let’s grab some milk, movers!


Tags : Susu, Manfaat Susu, Protein Susu

Share on :