POSTED ON 05 Feb 2016

156 0

10 Olahraga Unik yang Jarang Orang Mainkan


Movers, siapa sih yang gak tahu olahraga seperti sepak bola, bola basket, tenis, bulu tangkis dan banyak lagi olahraga yang banyak dimainkan dan digemari oleh banyak orang di banyak negara di dunia. Jenis olahraga tersebut tentunya sudah banyak dimainkan dan diperlombakan dalam berbagai ajang internasional. Namun, tahukan Movers tentang beberapa jenis yang jarang dimainkan oleh banyak orang karena olahraga tersebut terbilang ekstrim dan unik? Kalo belum tahu, mimin mau kasih tahu nih 10 olahraga ekstrim dan unik yang jarang orang mainkan yang terdapat di berbagai penjuru dunia:

1. Catur Tinju

Seperti namanya, olahraga catur tinju ini menggabungkan dua buah jenis olahraga yang sudah ada menjadi sebuah olahraga unik yang baru. Secara garis besar, permainan ini hampir sama baik dalam permainan catur maupun permainan tinjunya. Dimainkan oleh dua orang di atas ring tinju dan menggunakan sebuah papan catur. Yang menjadikan olahraga ini menjadi unik adalah masing-masing pemain harus mahir baik dalam mengolah otak untuk permainan strategi seperti catur dan menjaga kekuatan otot dalam permainan tinju dalam waktu yang bersamaan. Selama sebelas ronde, kedua pemain harus memulainya dengan bermain catur terlebih dahulu pada 60 detik pertama kemudian dilanjutkan dengan bermain tinju selama dua menit setiap rondenya. Untuk menjadi juara, para pemain harus dapat memenangkan catur dan tinju pada setiap babaknya. Olahraga unik ini populer di beberapa negara seperti di Jerman, Inggris, Rusia, dan Amerika Serikat.

 

2. Sepak Takraw

Olahraga yang berasal dari Asia Tenggara ini mungkin sudah sangat akrab di telinga kita ya, Movers. Namun bagi kebanyakan orang khusunya di luar Asia, olahraga sepak takraw ini terbilang unik karena para pemainnya harus mahir memainkan sebuah bola yang terbuat dari rotan di dalam sebuah lapangan seukuran lapang bulu tangkis. Setiap tim yang terdiri dari tiga orang harus mendapatkan poin sebanyak mungkin untuk dapat memenangkan permainan ini. Permainan yang oleh orang barat sering disebut sebagai olahraga voli karate ini hampir sama dengan permainan bola voli namun para pemain harus menggunakan kaki dalam menghadang dan mengolah bola selama permainannya.

 

3. Hoki di Dalam Air

Salah satu alasan dibuatnya olahraga hoki dalam air ini adalah mengurangi risiko cedera akibat benturan para pemainnya, mengingat permainan hoki asli yang biasa dilakuka diatas es yang sering terjadi benturan antara para pemainnya yang tak jarang membuat cedera. Yang membuat olahraga hoki dalam air ini berbeda dengan hoki biasa adalah para pemainnya harus menggerakan bola hoki yang berbentuk pipih menggunakan tongkat kecil seukuran buah pisang di dalam sebuah kolam renang. 

 

4. Anjing Menari

Bagi sebagian banyak orang, istilah anjing menari ini lebih banyak disebut seni daripada olahraga. Namun meski demikian, di beberapa negara seperti Amerika Serikat, Jepang, dan Inggris olahraga ini sudah menjadi sebuah olahraga yang kompetitif melalui berbagai kontes profesional yang diselenggarakan setiap tahunnya. Para pemilik anjing harus melakukan pembinaan dan membuat anjingnya untuk menari untuk dapat menjuarai kejuaraan. Kekompakan antara anjing dan pemiliknya ini yang memberikan poin bagi para juri untuk memberikan penilaian apakah pasangan tersebut pantas menjadi juara atau tidak.

 

5. Street Luge

Olahraga yang menggunakan papan seluncur yang mirip dengan skateboard atau longboard sebagai alatnya ini bisa dibilang merupakan sebuah olahraga yang cukup ekstrim. Para pemain street luge akan berada dalam posisi berbaring diatas papan seluncurnya dan kemudian meluncur pada lintasan menurun yang berkelok dengan kecepatan yang cukup tinggi. Hampir sama seperti olahraga longboard, peserta yang mencapai garis finish terlebih dahulu adalah yang memenangkan perlombaan. Karena olahraga ini terbilang cukup berbahaya, setiap pemainnya diwajibkan menggunakan safety gear sebelum melakukan perlombaan.

 

6. Quidditch

Movers yang mengikuti seri film Harry Potter pastinya udah hafal banget sama olahraga yang satu ini. Namun, apakah mungkin olahraga yang membutuhkan kekuatan sihir di dalam film ini dapat dilakukan di dunia nyata? Ternyata, beberapa orang yang sangat menyukai Harry Potter di Middlebury College, Vermont membuat olahraga ini dapat dilakukan di dunia nyata. Dibawah naungan Asosiasi Quidditch Internasional, olahraga ini menggunakan peraturan dan peralatan yang sama dengan apa yang ada di film namun perbedaannya cuma satu, tidak ada yang bisa terbang.

 

7. Redneck

Olahraga unik yang diadakan setiap tahunnya di Georgia Amerika Serikat ini menjadi menarik karena dilakukan pada musim panas dengan berbagai macam olahraga outdoor yang terbilang cukup aneh. Salah satu jenis olahraganya yang terkenal di redneck adalah permainan lumpur, para peserta diharuskan meloncat ke dalam sebuah kubangan yang sudah berisi lumpur berair dan disaksikan oleh banyak orang yang juga hadir dalam acara tersebut. Olahraga yang lebih banyak mengandung unsur hiburannya ini selalu ramai dilakukan setiap tahunnya dan diikuti oleh banyak peminat.

 

8. Menggendong Istri

Seperti namanya, olahraga unik asal Finlandia ini benar-benar mengharuskan para pesertanya menggendong istrinya untuk dapat menjadi juara. Seorang peserta pria akan menggendong istrinya dalam keadaan terbalik yaitu kaki istrinya menggantung di leher para pria dan para pria diharuskan berlari melewati berbagai rintangan hingga mencapai garis finish. Benar-benar sebuah olahraga yang unik ya, Movers!

 

9. Menebang Kayu

Jika diperhatikan sekilas, olah raga ini akan terdengar biasa saja. Seperti menebang kayu pada umumnya, namun menjadi unik karena para pemain harus menjadi yang tercepat dalam menumbangkan sebuah batang pohon besar menggunakan sebuah kampak. Untuk dapat menjadi juara, diperlukan kekuatan otot yang kuat tentunya ya.

 

10. Buzkashi

Olahraga Buzkashi ini populer di negara-negara Asia Tengah dan sudah dilakukan bertahun-tahun hingga menjadi sebuah agenda tahunan bagi masyarakatnya. Bentuk olahraganya hampir sama seperi polo yaitu para pemain harus menunggangi kuda, namun perbedaannya adalah para pemain buzkashi ini tidak menggunakan tongkat kayu dan bola melainkan menggunakan sebuah bangkai kambing atau sapi. Untuk mendapatkan poin, para pemain harus membawa bangkai hewan tersebut menuju garis lawan dan tim yang paling banyak menadapatkan poin lah yang akan menjuarai pertandingan.

 

Tags : Street Luge, Olahraga, Olahraga Ekstrim

Share on :