POSTED ON 08 Jan 2016

120 0

Sejarah Longboard


Pernahkah Movers mendengar istilah longboard? Ya, sebuah papan seluncur yang memiliki roda ini merupakan cikal bakal papan skateboard modern yang kita kenal sekarang ini. Jika dilihat sekilas, papan longboard ini hampir memiliki kemiripan dengan skateboard karena sama-sama menggunakan sebuah papan yang kemudian diberi roda untuk dapat digunakan. Lalu kapan dan dari mana papan longboard ini berasal?

Pada pertengahan abad ke 19 atau lebih tepatnya tahun 1950an di sebuah wilayah California di Amerika Serikat, permainan papan seluncur surfing sedang sangat digemari. Berawal dari rasa keinginan para surfer untuk bermain surfing namun ombak yang ada pada waktu itu tidak selalu bagus sehingga mereka harus menunggu ombak yang bagus untuk dapat digunakan dalam bermain surfing. Darisana kemudian mereka berkeinginan untuk bagaimana caranya agar tetap bisa melakukan gerakan surfing namun di darat kemudian dibuatlah sebuah papan yang kemudian diberi wheels atau roda dan dipasang pada sebuah trucks dari sepatu roda. Sebelum muncul istilah skateboard dan longboard, orang-orang disana menyebut olahraga ini dengan istilah sidewalk surfing.

 

Seiring dengan bergantinya tahun dan perkembangan yang terjadi pada papan sidewalk surfing generasi pertama, baik olahraga skateboard maupun olahraga longboard mengalami perkembangan baik pada bentuk permainan maupun bentuk papan seluncurnya. Perbedaan skateboard dan longboard kemudian muncul seiring dengan bentuk dan tempat dimana papan tersebut dimainkan.

 

Jika skateboard lebih sering dimainkan di skatepark atau trotoar jalanan kota dengan berbagai gaya freestyle, longboard ini lebih sering dimainkan di jalanan menurun dengan permukaan jalan yang rata. Permainan longboard yang sering menuruni jalanan menurun atau downhill ini kemudian berkembang menjadi sebuah olahraga extreme yang dipertandingkan di seluruh dunia melalui event besar seperti  X Games. Nah, tertarik untuk mencoba olahraga yang satu ini Movers?

 


Tags :

Share on :