POSTED ON 03 Sep 2015

677 1

Suka Olahraga? Ini Pentingnya Kalsium!


 

 

Movers yang suka minum susu segar pasti paham banget dong salah satu kandungan dari susu adalah kalsium. Apalagi kalsium adalah mineral yang paling banyak dalam tubuh dan penting untuk kesehatan tulang dan gigi, dan juga memegang peranan penting untuk kontraksi otot, sistem saraf, ngatur tekanan darah, ngebantu fungsi otak, penyumbatan darah, sekresi hormon dan ngejaga detak jantung kamu.

 

Kalau kamu suka olahraga kamu bakal cepet dan banyak banget berkeringat, kalsium berarti sesuatu yang sangat penting apalagi kalau kamu emang jarang ngonsumsi makanan dan minuman yang mengandung kalsium yang cukup. Ada beberapa kasus di mana resiko kamu kekurangan kalsium semakin besar seperti pola diet yang membatasi kalori sehingga asupan kalsium kamu kurang, mudah berkeringat, olahraga dengan intens tanpa proses yang benar, atlet perempuan dengan target-target tertentu.

 

Kondisi-kondisi tersebut tentu sering gak disadarin dan sebagai orang yang suka olahraga, apalagi punya target sampai latihan lebih dari 7 jam per minggu bahkan punya resiko besar kena osteoporosis. Untuk kamu yang perempuan bahkan bisa merusak hormon dan merusak siklus menstruasi, mengganggu formasi tulang dan memengaruhi performa kamu saat berolahraga.

 

Oleh sebab itu, untuk menghindari dari resiko-resiko tersebut, kamu harus mulai coba memenuhi sekitar 1000-1500 miligram kalsium per hari dari berbagai sumber makanan. Sumber-sumber kalsium terbaik ada pada yogurt, kacang almond, telur rebus, smoothies buah dengan susu atau yogurt, orange juice dengan vitamin D dan kalsium, dan susu cokelat.

 

Nah, udah tau kan sekarang pentingnya kalsium? Jangan lupa bawa makanan dan minuman berkalsium sehari-hari ya. Dan ingat, bukan Cuma kalsium, tapi juga karbohidrat, protein, kalori, vitamin dan mineral lain yang cukup biar badan kamu bisa bekerja dengan maksimal. Selamat berolahraga, Movers!


Tags :

Share on :