POSTED ON 25 Agustus 2015

666 0

Fakta Regenerasi Tubuh


 

 

Pernah berpikir tentang usia tubuh Anda sebenarnya? Mungkin berdasarkan akte kelahiran, usia Anda saat ini adalah 30 tahun namun apakah itu berarti usia tubuh Anda 30 tahun?

Banyak orang yang berpikir bahwa tubuh mengalami regenerasi setiap tujuh tahun sekali, meskipun begitu, faktanya tidak semua sel tubuh melakukan regenerasi. Ada beberapa sel yang membutuhkan waktu lebih lama dari tujuh tahun untuk melakukan regenerasi, bahkan ada sel yang tidak mengalami regenerasi sama sekali.

Sel-sel dalam tubuh akan terus-menerus membagi, meregenerasi, dan kemudian mati, akan tetapi siklus setiap sel tubuh itu berbeda. Seperti halnya sel yang melapisi perut, karena mereka sering terkena asam, sel perut mengalami regenerasi setiap lima hari sekali. Sel darah merah Anda hidup sekitar empat bulan dan hepatosit atau sel hati hidup beregenerasi selama lima bulan.

Selain sel-sel yang beregenerasi dengan cepat, ada beberapa sel yang mengalami regenerasi cukup lama seperti tulang yang akan mengganti seluruh selnya setiap sepuluh tahun sekali. Sel dalam saluran usus juga memerlukan waktu yang cukup lama untuk melakukan regenerasi sel yaitu selama lima belas tahun. Ada juga beberapa sel yang jarang atau tidak pernah melakukan regenerasi sama sekali, seperti sel oosit pada wanita, gigi. Jaringan jantung dan syaraf disebut-sebut dapat melakukan regenerasi, tetapi membutuhkan waktu yang sangat lama untuk melakukannya.

Menurut penelitian yang dilakukan pada April 2009 oleh Institut Karolinska di Swedia, ditemukan bahwa kardiomiosit setiap tahunnya hanya menunjukkan perkembangan satu persen untuk regenerasi terhitung sejak lahir, dan persentase tersebut terus menurun seiring dengan bertambahnya usia. Penelitian tersebut memperkirakan bahwa sel jantung seseorang yang hidup hingga usia 75 tahun belum sempat melakukan regenerasi lebih dari setengah sel jantung asli yang dibawa sejak lahir.

Para ilmuwan juga menemukan bahwa meskipun beberapa bagian di otak mampu meregenerasi, namun ada juga beberapa yang tidak mampu melakukan regenerasi seperti bagian korteks serebral dan korteks visual, saraf di bagian tersebut sudah ada dalam tubuh sejak lahir. Tubuh memiliki sekitar sepuluh trilyun sel yang bisa melakukan regenerasi dan jarang atau bahkan tidak melakukan regenerasi, hal itu ditentukan juga oleh usia yang sesungguhnya. Pergantian sel juga dapat melambat sesuai dengan usia Anda yang sebenarnya, dan hal itu merupakan hal yang wajar.

Semakin bertambahnya usia Anda, maka semakin menurun pula kemampuan tubuh untuk meregenerasi sel. Anda dapat mengonsumsi suplemen multivitamin dan mineral dari Renovit  (untuk usia produktif) dan Renovit Gold (untuk usia 50th+). Renovit mengandung 12 vitamin dan 13 mineral, sesuai untuk memenuhi kebutuhan nutrisi mikro harian Anda. Renovit Gold memiliki kandungan lengkap seperti 12 vitamin dan 13 mineral, dan bahan aktif pendukung lainnya. Dengan mengonsumsi Renovit/ Renovit Gold 1 kaplet setiap hari, Anda akan mendapatkan asupan nutrisi mikro yang lengkap, yang tidak dapat terpenuhi dari makanan sehari-hari yang anda konsumsi. Dengan demikian, tubuh Anda akan tetap segar dan bugar setiap hari.


Tags :

Share on :