POSTED ON 27 Agustus 2015

501 2

12 Atlet Difabel Berprestasi Luar Biasa


 

 

Kekurangan fisik bukanlah penghalang buat ngelakuin banyak hal, Movers. Seperti para atlet ini, dengan keterbatasannya mereka bisa melakukan hal yang luar biasa. Siapa saja mereka?

 

Baxter Humby

Petinju profesional kanada ini tidak memiliki tangan kanan karena harus diamputasi saat lahir. Meski begitu, Humby banyak memenangkan kejuaraan kickboxing di Kanada untuk kelas menengah. Selain itu, dia adalah satu-satunya petinju kickboxing yang pernah juara dunia dengan satu tangan.

 

Chelsea McClammer

Menderita kelumpuhan akibat kecelakaan mobil yang dialaminya ketika berumur 6 tahun tak membuat McClammer patah semangat. Sejak menjadi atlet pada 2008, ia banyak menjuarai berbagai olahraga atletik. 

 

Oz Sanchez

Sebelum menderita kelumpuhan akibat cedera tulang belakang, dulunya Sanchez adalah seorang anggota Korps Marinir. Akibatnya ia harus kehilangan kedua kakinya. Meski begitu, banyak kejuaraan paralympic handcycle.

 

Alana Nichols

Tahun 2008, Nichols dan tim basket kursi roda Amerika memenangkan medali emas. Kelumpuhan yang di alaminya berawal dari hobinya bermain snowboard dan mengalami kecelakaan karena punggungnya mendarat diatas batu.

 

Kyle Maynard

Sejak lahir, Maynard tidak memiliki lengan dan kaki. Keterbatasan fisik tersebut tidak membuatnya patah semangat, terbukti dengan banyaknya penghargaan dalam bidang olah raga gulat.

 

Melissa Stockwell

Saat dikirim perang ke Irak, prajurit Amerika ini mengalami kecelakaan bom sehingga kehilangan kaki kirinya. Meski begitu ia pernah memenangkan kejuaraan renang untuk 100 m kupu-kupu, 100 m gaya bebas dan 400 m gaya bebas di Paralimpiade musim panas 2008.

 

Bethany Hamilton

Hamilton adalah seorang atlet surfing yang kehilangan lengan kirinya akibat serangan hiu. Meski medapat kejadian yang menakutkan, karirnya sebagai surfer tidak pernah berhenti. Kisahnya pernah dituangkan dalam film Soul Surfer.

 

Natalie Du Toit

Sejak remaja, Natalie sudah sangat mencintai renang. Saat harus kehilangan kaki kirinya karena kecelakaan mobil, ia tetap melanjutkan karirnya sebagai perenang dan memenangkan banyak kejuaraan renang internasional.

 

Jessica Long

Sejak kecil, jessica harus terbiasa berjalan tanpa kedua kakinya karena diamputasi. Sebagai anggota termuda dari Paralimpiade Tim AS di Athena pada tahun 2004, ia meraih tiga medali emas di 100 m gaya bebas, 400 m gaya bebas dan 4x100 meter gaya bebas.

 

Tatyana McFadden

McFadden mengalami kelumpuhan dari pinggang ke bawah. Lalu disimpan oleh orang tuanya di sebuah panti asuhan dan diadopsi oleh Deborah McFadden. Dari sana ia banyak berlatih dan berprestasi di berbagai olahraga, termasuk senam, basket kursi roda dan trek dan lapangan.

 

Team Hoyt

Kisah Keluarga Hoyt ini sangat mengharukan sekaligus memotivasi kita, movers. Dick Hoyt harus menerima anaknya Rick Hoyt mengalami kelumpuhan sejak kecil. Meski Dick bukan seorang pelari, ia rela mendorong Rick yang duduk diatas kursi roda dan mengikuti kejuaraan lari marathon.

 

Jim Abbott

Sejak lahir Abbott tidak memiliki tangan kanan, meski begitu mimpinya menjadi seorang kapten baseball tidak pernah hilang. Terbukti sampai sekarang ia banyak mendapatkan penghargaan di bidang olah raga baseball.


Tags :

Share on :