POSTED ON 15 Juli 2015

436 0

5 Alasan Berolahraga di Hari Senin


 

I Hate Monday!

Kata-kata itu seringkali keliatan di Senin pagi di berbagai jaringan media sosial saat semua orang mulai beraktivitas, iya ‘gak sih, Movers?

Nah, untuk menjauhkan diri dari Monday blues atau kegalauan dan kemalasan di Senin pagi, ada salah satu cara yang harus kamu mulai dari sekarang lho, itu adalah olahraga.

Hah, olahraga? Seriusan?

Iya betul, olahraga, banyak banget alasan yang bikin kamu merasa harus berolahraga di senin pagi. Penelitian yang dirilis di American Journal of Preventative Medicine bilang kalau banyak orang mencari info kesehatan di awal minggu, sepanjang tahun, dan banyak orang mulai olahraga di hari Senin daripada di hari lain. Ada 5 alasan kenapa kamu harus olahraga di Senin pagi sebelum mulai aktivitas, ini dia.

1. Kamu cenderung bakal terus olahraga sepanjang minggu

Kalau kata penulis buku Better Than Before, Gretchen Rubin, memulai sesuatu di hari Senin itu bikin kamu ngerasa merupakan awal yang tepat. Olahraga di hari Senin bisa memotivasi kamu untuk olahraga di hari-hari selanjutnya.

2. Kamu bakal lebih banyak senyum

Percaya gak, ada penelitian yang nunjukkin kalau rata-rata pekerja kantoran gak senyum sampai jam 11:16 pagi. Spesifik banget ya? Iya! Dan biar Movers gak cemberut di pagi hari, olahraga aja, karena olahraga melepas hormon endorfin, yang bikin kamu ngerasa lebih bahagia. Olahraga juga bikin kamu lebih percaya diri. Bahkan jalan selama lima menit di pagi hari aja udah bisa ngubah mood kamu lebih baik.

3. Kamu bakal ngebuang jauh-jauh rasa gelisah

Kerjaan atau tugas yang numpuk bikin kita ngerasa malas untuk mulai aktivitas di hari Senin, tapi karena itu juga kamu harus olahraga. Penelitian menyebutkan kalau aerobik atau olahraga berat bisa mengurangi kegelisahan Movers akan sesuatu.

4. Tidur kamu bakal lebih nyenyak

Olahraga bisa menyegarkan kembali ritme circadian, atau jam biologis yang mengatur siklus tidur kamu. Kalau kamu ngerasa susah tidur, kamu bisa rutin berolahraga, karena sebuah penelitian menunjukkan olahraga secara konsisten selama 4 bulan bisa menurunkan insomnia kronis sebanyak 45 menit per malam.

5. Kekuatan otak kamu bakal lebih baik

Olahraga bisa meningkatkan level BDNF (brain-derived neurotropic factor) yang bisa membangun sel saraf yang lebih sehat. Banyak hal yang bisa bikin kamu lebih pintar akibat olahraga, dan yang paling penting adalah kamu bugar sepanjang hari.

Oleh sebab itu, jangan ragu untuk mulai olahraga di Senin pagi, berbagai alasan yang sudah dijelaskan di atas bisa jadi penyemangat kamu. Lagipula, siapa yang enggak mau ngejalanin setiap hari dengan segar dan bugar serta percaya diri. Let’s hit the gym on Monday morning, Movers!


Tags :

Share on :