POSTED ON 28 Okt 2016

60 0

Inilah Manfaat Berolahraga di Masa Pertumbuhan


Berolahraga menyimpan berjuta manfaat, dan oleh sebab itu juga, olahraga juga harus dilakukan oleh siapapun, bahkan dalam umur sedini mungkin. Yang harus diatur adalah intensitasnya. Menurut badan kesehatan Amerika Serikat, anak remaja membutuhkan aktivitas fisik sebanyak satu jam setiap hari agar tetap sehat. Hal tersebut dapat dicapai dengan cara cara melakukan kombinasi olahraga aerobik berintensitas sedang hingga berat seperti jalan cepat atau lari. Selain itu juga 3 hari dalam seminggu, sebaiknya melatih gerakan untuk memperkuat otot seperti push up dan lain-lain. Nah, ternyata untuk kamu yang masih berada dalam usia pertumbuhan, olahraga punya manfaat tersendiri lho, apa saja coba? Yuk kita simak.

 

Mengontrol berat badan

Karena olahraga membutuhkan oksigen, maka tubuh bakalan membakar lemak dan membantu menjaga berat badan. Dengan jalan kaki empat mil per hari, empat kali seminggu, kamu sudah bisa membakar sekitar 1.600 kalori dalam seminggu. Jika kamu menjaga pola makan, dan konsisten berolahraga, maka kamu bisa menjaga berat badan dengan baik.

 

Otot kuat

Dengan otot yang kuat, kamu bisa membakar lebih banyak kalori karena secara metabolis, merupakan jaringan yang aktif. Semakin tinggi massa otot, semakin banyak kalori yang kamu bakar bahkan saat sedang tidak berolahraga. Karena massa otot laki-laki lebih tinggi, maka kalori yang dibakar lebih cepat dan lebih mudah menurunkan berat badan daripada perempuan. Makanya Movers yang perempuan harus berolahraga lebih sering, ya!

 

Tulang yang kuat

Olahraga dengan intensitas sedang secara rutin seperti jalan kaki, lari, jogging, atau menari dapat memperkuat tulang kamu. Olahraga resistensi dan angkat beban juga dapat meningkatkan massa tulang dan memperkuat otot.

 

Kulit yang segar

Olahraga menyebabkan sirkulasi nutrisi yang lebih lancar pada kulit dan dapat membuang racun dari tubuh. Selain itu, lancarnya aliran oksigen pada kulit dapat meningkatkan produksi kolagen secara alami. Begitu juga aliran darah yang lancar menyebabkan warna kulit menjadi lebih baik.

 

Mood yang terjaga

Riset menunjukkan bahwa olahraga dapat mengurangi gejala depresi ringan dan meningkatkan ekuatan psikologis. Bahkan olahraga bisa mengubah beberapa tingkatan senyawa kimia pada tubuh yang berpengaruh pada psikologis kamu. salah satunya endorfin, hormon pada otak yang terkait dengan perasaan bahagia dan positif. Kekurangan endorfin bisa memicu depresi.

 

Jarang sakit

Karena olahraga dapat meningkatkan sistem imun, maka kamu bakal lebih resisten untuk terkenal flu, masuk angin, meriang, dan lain-lain.

 

Otak lebih bertenaga

Aliran darah ke otak yang lancar mengirimkan oksigen dan nutrisi yang lebih baik. Karena itu, otak kamu jadi lebih kuat dan bertenaga. Nutrisi dan oksigen dapat mempercepat fungsi dari gelombang otak yang bertanggung jawab atas kemampuan berpikiran cepat.

 


Tags : Olahraga, Otot

Share on :