POSTED ON 08 Des 2015

177 0

10 Instrumen Musik Paling Aneh di Dunia


Dari sekian banyak instrumen musik yang Movers tahu, instrumen apa yang paling disukai? Gitar? Drum? Piano? Flute? Atau instrumen lainnya yang lumrah kita temui? Setiap instrumen musik memiliki karakter suara yang khas sehingga menjadikannya menjadi lain daripada yang lain. Namun, pernahkah Movers mendengar sebuah piano yang terbuat dari rangkaian kucing? Atau alat musik orkestra yang terbuat dari sayuran segar? Beberapa instrumen aneh tersebut memang sengaja dibuat untuk beberapa kebutuhan. Kali ini Mimin bakal ngebahas tentang 10 instrumen musik paling aneh yang pernah dibuat di Dunia. Apa aja sih instrumen musiknya? Yuk kita simak!

 

1. The Great Stalacpipe Organ

Instrumen musik unik yang memadukan organ dengan stalactit pada gua ini dibuat oleh seorang ilmuwan elektronik dari Pentagon bernama Leland W Sprinkle pada tahun 1954. Sprinkle menyimpan sebuah organ di dalam gua di Shenandoah Valley di daerah Virgina dan memilih beberapa stalaktit yang ada di dalam gua yang kemudian dapat dipukul menggunakan palu karet. Stalaktit yang dipukul mengeluarkan bunyi yang khas dan menjadi terdengar lebih halus karena efek ruangan di dalam gua.

 

2. The Blackpool High Tide Organ

Organ setinggi 15 meter yang terletak di kota Blackpool Inggris ini menjadi sebuah instrumen musik yang aneh karena terletak di dekat laut dan dapat mengeluarkan bunyi karena pengaruh pasang surutnya arus gelombang air laut. Bunyi yang dihasilkan kadang menyerupai suara erangan, peluit bahkan bisa menyerupai suara orkestra.

 

3. Jalan Raya yang Bisa Memainkan Karya Rossini

Di kota Lancaster di California, terdapat sebuah jalan raya yang bisa memainkan sebuah musik karya Rossini “William Tell Overture”. Bagaimana sebuah jalan bisa memainkan sebuah karya musik yang indah? Hal itu terjadi jika ban mobil mengenai beberapa gelombang yang dibuat sepanjang jalan raya. Ban mobil yang mengenai gelombang pada jalan tersebut kemudian mengeluarkan nada-nada yang sama dengan yanga da pada karya “William Tell Overture” milik Rossini.

 

4. Musik Dari Es

Seorang drummer dan komposer musik asal Norwegia, Terje Isungset, membuat berbagai instrumen musik dari es yang dia diambil dari sebuah danau beku menggunakan gergaji. Isunget membuat beberapa instrumen yang kebanyakan merupakan instrumen tiup. Bunyi yang dihasilkan dari instrumen es tersebut menyerupai bunyi alat tiup primitif seperti tanduk rusa. 

 

5. Piano Kucing

Piano kucing yang dalam bahasa jerman disebut Katzenklavier merupakan sebuah piano yang dibuat pada abad ke 17 oleh seorang bernama Athanasius Kircher. Tampilannya sekilas sama seperti piano biasa, namun akan menjadi aneh ketika tombol dalam piano tersebut ditekan karena akan mengeluarkan suara kucing. Setiap tombol piano memiliki seekor kucing yang akan menerima rangsangan berbeda saat tombolnya ditekan dan membuat kucingnya mengeong.

 

6. Aeolus: Acoustic Wind Pavilion

Aeolus merupakan instrumen yang diciptakan oleh seniman Luke Jerram. Memiliki bentuk seperti sebuah terowongan dengan banyak potongan pipa pada bagian luarnya. Pipa yang tertiup oleh angin kemudian mengelyarkan bunyi yang misterius dan hanya dapat berbunyi tergantung pada angin yang berada di sekitar instrumen tersebut.

 

7. Musik Batu

Sebuah instrumen seperti piano dengan rangkaian bilah batu sebagai tombolnya tersimpan rapi di sebuah museum Keswick di daerah Lake District, Inggris. Instrumen tersebut diketahui telah dibuat pada tahun 1827 oleh seorang bernama Joseph Richardson. Pengunjung museum diperbolehkan untuk memainkan instrument unik ini dengan bantuan alat pukul seperti saat memainkan alat musik gambang.

 

8. The Singing Ringing Tree

The Singing merupakan sebuah instrument dari pipa yang menjulang tinggi setinggi 3 meter dan menyerupai sebuah pohon. Terletak di atas padang rumput Pennie, Burnley dan dirancang oleh dua orang arsitek Mike Tonkin dan Anna Liu pada tahun 2006. Saat tertiup angin, pohon besi ini dapat mengeluarkan bunyi yang unik dan menambah suasana padang rumput menjadi lebih tenang.

 

9. The Gastown Steam Clock

Pada dasarnya The Gastown ini merupakan sebuah jam besar yang terletak di daerah Vancouver, Kanada. Menjadi unik karena jam tersebut dapat mengeluarkan musik saat jam jam tertentu dan musik yang dihasilkan berasal dari tekanan uap yang dipaksa keluar melalui beberapa tabung seperti peluit yang ada pada jam tersebut.

 

10. Orkestra Sayuran

Sebuah Orkestra dari Wina memainkan beberapa karya musik dengan instrumen musik yang terbuat dari berbagai macam sayuran segar seperti wortel yang dijadikan klarinet, paprika yang dijadikan trompet, alat perkusi dari buah semangka dan masih banyak lagi yang lainnya. Grup orkestra ini sudah melakukan banyak tour di beberapa negara dan semakin menyenangkan karena di akhir acara penonton akan disuguhi hidangan sup sayuran seperti yang digunakan dalam penampilannya.

img: www.tch.gr


Tags :

Share on :