POSTED ON 24 Nov 2015

293 0

10 Film Hitam-Putih yang Keren Banget


 

Di zaman sekarang, kalau nonton film sudah pasti ekspektasinya berwarna dong, sudah enggak zaman banget film warna hitam putih, Lagipula untuk apa nonton film hitam putih kalau film berwarna bisa lebih menghibur. Tapi pada sejarahnya, justru banyak banget film hitam putih yang menggebrak banget, apalagi sebelum ada teknologi gambar gerak berwarna. Uniknya, ada beberapa film di era modern yang tayang dengan warna hitam putih karena masalah biaya, dan hasilnya tetap luar biasa seperti film Clerk. 

Penasaran sama film-film hitam putih keren lainnya? Apa saja sih?

 

1. Pi (1998)

Film debut dari sutradara Darren Aronofsky ini diambil dengan format hitam putih karena alasan budget pembuatan film yang terbatas daripada masalah estetika. Hasilnya, film bergenre drama thriller ini lebih mencekam dengan warna hitam putih ketimbang berwarna.

 

2. Passion of Joan of Arc (1928)

Film yang sudah super duper tua ini merupakan silent film alias tidak bersuara besutan sutradara Carl Dreyer. Passion of Joan of Arc adalah film bergenre drama sejarah yang menceritakan tentang sejarah Joan of Arc.

 

3. The Seventh Seal (1957)

Film hitam putih asal Swedia ini disutradarai sama Ingmar Bergman dan merupakan salah satu film hitam putih bergenre drama fantasy terbaik sepanjang masa dan tampilannya sendiri masih terlihat keren sampai sekarang.

 

4. On the Waterfront (1954)

Film yang dibintangi sama aktor terkenal pada masa keemasan Hollywood, Marlon Brando ini disutradarai oleh Elia Kazan. Nuansa drama kriminalnya kerasa banget dengan pengambilan gambar hitam putih. Lebih mencekam.

 

5. Schindler’s List (1993)

Film yang disutradarai oleh Steven Spielberg ini bergenre drama biografi, dan pengambilan gambar hitam putihnya hanya membuat film ini terlihat semakin depresif. Steven Spielberg mengambil gambar hitam putih untuk film ini dengan alasan estetika dan menghargai sejarah.

 

6. The Third Man (1949)

Film besutan Oliver Reed ini bergenre misteri, dan pengambilan gambar hitam putihnya membuat film ini semakin menegangkan. Apalagi dilengkapi dengan musik latar yang digubah sama Anton Karas dan adegan-adegan yang seru, warna hitam putih enggak bikin film ini garing karena enggak berwarna.

 

7. It’s a Wonderful Life (1946)

Film ini disutradarai oleh Frank Capra dan menjadi film keluarga yang biasa ditonton saat natal. It’s a Wonderful Life merupakan film yang menyenangkan, hangat, lucu, dan mengharukan.

 

8. Psycho (1960)

Film horor thriller yang disutradarai Alfred Hitchcock ini menjadi lebih seram dengan tampilan hitam putih. Alfred Hitchcock mengambil gambar hitam putih untuk film Psycho ini untuk menghindari tampilan darah dalam adegan-adegan tertentu.

 

9. 12 Angry Men (1957)

Film bergenre drama kriminal ini disutradarai oleh Sidney Lumet, dan meski bergenre drama kriminal, film ini hanya diambil pada satu ruangan sepanjang film. Hasil akhirnya, lucu, dramatis, emosional, dan tidak membosankan sama sekali. 

 

10. Raging Bull (1980)

Film ini disutradarai oleh sutradara legendaris, Martin Scorsese dan menceritakan tentang kehidupan seorang petinju Jake Lamotta (diperankan oleh Robert De Niro). Meski diambil dengan warna hitam putih, tapi kemampuan Scorsese mengambil sudut-sudut dan gambar berkualitas membuat film berdurasi lebih dari dua jam ini terlihat sempurna.

 

Nah, movers! Ada yang sudah pernah nonton film-film di atas? Kalau belum, yuk segera nonton biar enggak cuman film-film kekinian aja yang ditonton. 

 


Tags :

Share on :