POSTED ON 05 Okt 2015

435 0

10 Instrumen Terunik dari Benua Afrika


Movers, benua Afrika adalah benua dengan berjuta budaya unik, yang masing-masing memiliki kekhasan masing-masing, bahkan mungkin satu kota saja bisa punya berbagai bahasa atau aksen-aksen tersendiri. Budaya adalah sesuatu yang identik dengan ritual-ritual, dan di Afrika banyak ritual yang mempertontonkan tarian-tarian yang diiringi alat musik. Nah, movers, alat musik yang dimainkan itu biasanya super unik dan mengeluarkan suara-suara yang berakhir jadi musik yang keren banget. Kita simak yuk, 10 instrumen terunik dari Afrika yang ngelahirin musik-musik folk keren.

 

1. Kora

Kora adalah alat musik petik yang berbentuk seperti gitar dengan 21 senar dan terbuat dari kulit binatang yang membungkus labu. Instrumen ini banyak dimainkan di Senegal, Pantai Gading, Gambia, Burkina Faso, Benin, dan Mali.

 

2. Kalimba

Kalimba sering disebut piano jempol yang berbentuk bundar dengan tuts-tuts yang disimpan di atas resonator yang terbuat dari kayu dengan panjang yang berbeda-beda. Untuk menghasilkan suara, tuts-tuts tersebut dipetik. Pada Kalimba tradisional, tuts terbuat dari bambu, tapi untuk yang lebih modern terbuat dari besi. Kalimba banyak dimainkan di Afrika Barat dan Tengah.

 

3. The Talking Drum

Instrumen ini berbentuk seperti jam pasir dan biasanya disimpan di bawah tangan dan dibunyikan dengan cara memencet atau menabuh bagian samping dari drum khas Afrika ini, mirip seperti kendang. The Talking Drum ini banyak dimainkan di negara-negara seperti Nigeria, Mali, Ghana, Togo, dan Benin.  

 

4. Balafon

Balafon merupakan alat musik perkusi mirip dengan xylophone atau Marimba Afrika dan sering ditemukan di Pantai Gading, Ghana, Mali, dan Burkina Faso. Instrumen ini terbuat dari papan kayu yang disimpan di atas labu-labu kayu besar. Suara dihasilkan dengan cara memukul papan kayu yang berukuran berbeda-beda.

 

5. Shekere

Shekere adalah alat musik kocok terbuat dari kayu berbentuk labu yang terbungkus oleh tenun manik-manik. Shekere yang banyak ditemukan di Afrika Barat seperti Nigeria, Senegal, Pantai Gading, Togo, Ghana, dan lain-lain ini dimainkan dengan cara menggoyang, atau memukul-mukulkan ke tangan.

 

6. Djembe/Jembe/Jimbe

Ini adalah salah satu instrumen yang paling kita kenal di Indonesia karena memang banyak juga yang main Jimbe ini. Jimbe sendiri terkenal di negara-negara Afrika Tengah dan Barat dan berbentuk seperti drum kecil yang terbuat dari kulit binatang yang menutupi kayu yang berbentuk seperti jam pasir. Bagian atas biasanya lebih besar dari bagian bawah dan dimainkan dengan cara dipukul.

 

7. Udu

Udu adalah instrumen perkusi khas Nigeria yang berbentuk seperti guci atau bejana air dan terbuat dari tanah liat. Suara yang dihasilkan tergantung pada ukuran lubang, ukuran instrumen, dan cara memainkannya.

 

8. Marimba

Marimba adalah alat musik sejenis xylophone berbahan papan kayu yang disimpan di atas kayu-kayu berbentuk tabung sebagai resonator. Suara dihasilkan dengan cara memukul-mukul papan kayu dengan tongkat pemukul dan menghasilkan suara berbeda-beda jika dipukul di posisi atas tabung resonator kayu yang berbeda-beda. Marimba banyak ditemukan di negara-negara Afrika Timur dan Tengah seperti Republik Afrika Tengah, Kenya, Zambia, Zimbabwe.

 

9. Mbira

Mbira adalah piano jempol yang berbentuk seperti Kalimba. Instrumen ini terbuat dari dua baris papan besi dengan dimensi yang berbeda-beda dan ditaruh di atas resonator yang terbuat dari kayu. Mbira banyak ditemukan di Afrika bagian Selatan dan Timur seperti Namibia, Zambia, Swaziland, Zimbabwe, dan Tanzania.

 

10. Algaita

Algaita adalah instrumen tiup yang terbuat dari alang-alang atau buluh dan berbentuk seperti suling dengan ukuran lubang meniup dan lubang-lubang jari yang besar. Algaita yang banyak ditemukan di seremoni dan festival-festival di Ghana, Senegal, Nigeria, Togo, Benin, dan beberapa negara-negara lain ini berkaitan dengan alat musik tiup lainnya bernama Oboe.

 

foto: www.aharonwheelsbolsta.com


Tags :

Share on :