POSTED ON 17 Okt 2017

13 0

5 Ekskul Terunik di Dunia, Berminat Ikutan?


Movers, di sekolah kamu ada ekskul? Ekskul atau kependekan dari ekstrakulikuler adalah sebuah kegiatan tambahan di dalam satu sekolah, yang bisa kasih kesempatan pada murid-muridnya untuk mengembangkan bakat dan minatnya di berbagai bidang, selain pengetahuan umum yang diajarkan di sekolah. Ekskul yang ada, biasanya hampir sama di beberapa sekolah, mulai dari tari, olahraga, sampai jurnalis. Namun kali ini, kita akan membahas ekskul yang unik dan jarang banget ada di berbagai belahan dunia. Yuk kita cari tahu di bawah ini!

1. Ekskul Pembunuh

Jika dilihat dari namanya, pasti kamu membayangkan para psikopat yang berkumpul dalam satu ruangan ya? Tenang Movers! Meskipun namanya klub pembunuh, kegiatan dari ekskul yang ada di Massachusets Institute of Technology ini bukan membunuh kok. Ekskul ini akan mengadakan ‘perang’ menggunakan senjata mainan seperti senapan dan panah, setiap hari Sabtu jam 8 malam diantara para anggotanya. ‘Perang’ ini nggak cuma mencari menang atau kalah, tapi mengajarkan bagaimana sang anggota bertahan dari serangan dan juga membalaskan dendam dengan taktik atau strategi yang brilian. Seru banget ya, Movers?

2. Klub Keju

Ekskul yang satu ini adalah salah satu ekskul yang sangat unik keberadaannya. Seperti namanya, ekskul ini berkegiatan yang nggak jauh-jauh dari hal yang berbau keju. Ekskul ini cuma ada di SUNY Purchase.  Mungkin hal ini akan menyenangkan bagi kamu yang suka banget sama keju dan memakannya. Hal ini karena di dalam ekskul ini akan diadakan sebuah pertemuan untuk makan keju bersama, dengan berbagai keju dan mendiskusikannya. Hmm, kira-kira diskusi mengenai keju itu gimana ya?

3. Klub Kebahagiaan

Ekskul unik selanjutnya merupakan ekskul yang ada di Nortwestern University. Seperti namanya, ekskul ini adalah klub yang punya visi dan misi untuk menyebarkan kebahagiaan di area sekolah. Nggak cuma muridnya aja, tapi juga pada staf pengajarnya. Murid-murid di sana menganggap kalo ekskul ini berdampak baik bagi mereka, mereka lebih sering tersenyum dan selalu senang. Salah satu treatment yang dilakukan untuk membuat orang lain bahagia adalah dengan membagikan jus lemon gratis, serta pekukan untuk menghibur siswa dan pengajarnya.

4. Membatik

Ekskul yang satu ini datangnya dari Indonesia, tepatnya di SMA Negeri 2 kota Magelang, Jawa Tengah. Seperti namanya, kegiatan dari ekskul ini adalah berkreasi dengan membatik. Tak hanya motif batik khas Magelang, para siswa juga mengembangkan motif sendiri, diantaranya bernama ‘Water Torn’ dan ‘Diponogoro’. Namun tidak hanya mengembangkan batik, para siswanya diajarkan untuk berwirausaha dengan menjual batik karya mereka. Para anggota dari ekskul ini telah mampu menghasilkan produk batik khas Magelang yang siap dijual, terbukti sejak tahun 2009 hasil karya mereka sudah masuk pasar industri batik. Distribusi dari batik mereka bahkan mencapai luar daerah lho, Movers! Salah satunya adalah Sumatera Selatan. Wah keren banget ya? Semoga batiknya dapat dipasarkan hingga luar negeri ya.

5. Klub Robotik

Siapa bilang kalo klub robotik hanya ada di sekolah berbasis ilmu teknologi dan dunia perobotan? Ekskul satu ini berada di SMAN 8 Jakarta, Movers! Ekskul robotik ini adalah salah satu cabang peminatan dari subseksi ekskul Teknologi dan Soundsystem (Teksound). Klub pecinta robot ini cocok disebut salah satu ekskul independen, karena nyaris seluruh kegiatan yang dilakukan, lepas dari dukungan pihak sekolah. Soal dana misalnya, untuk merakit robot pun mereka patungan. Nggak ada iuran resmi yang rutin sih, tapi para anggotanya sepakat untuk berdonasi setiap kali mereka sepakat untuk merakit robot baru. Begitu juga dengan urusan mentornya. Mereka nggak mengandalkan guru, apalagi ahli dari luar sekolah, mereka hanya mengandalkan para senior dari angkatan-angkatan lalu.

Nah itu dia kelima ekskul yang terunik dari berbagai sekolah di dunia. Ekskul-ekskul tersebut tentunya dilakukan di luar jam pelajaran, Movers! Jadi kalo kamu ikutan ekskul pastikan dulu kamu bisa mengatur jadwal waktu kamu dengan baik. Selain itu, kamu juga harus menjaga kondisi kesehatan kamu agar tidak gampang sakit. Kamu bisa minum susu Ultra yang mempunyai kandungan vitamin dan protein yang diperlukan oleh tubuh, agar dapat menjaga fungsi organ tubuh dan memperbaiki sel-sel yang telah rusak akibat terlalu lelah. Kamu suka minum susu Ultra sebelum, atau sesudah ekskul nih, Movers?

Foto: www.tribunnews.com


Tags :

Share on :