POSTED ON 28 Agustus 2017

62 0

Warna Warni Kampung Pelangi


Movers, tahu nggak kalo Indonesia kembali mendunia? Kali ini dunia dibuat kagum dengan sebuah desa yang ada di daerah kampung Wonosari di Kelurahan Randusari, Semarang, Jawa Tengah.

Kampung Wonosari berhasil menjadi sorotan dunia dan menjadi headline di beberapa media internasional karena keunikannya. Kampung yang kini lebih dikenal Rainbow Village atau Kampung Pelangi ini dulunya adalah pemukiman kumuh di pinggir sungai, yang kini menjelma menjadi pemukiman yang Instagrammable abis!

Atap dan dinding setiap bangunan dilukis setidaknya dengan tiga warna yang berbeda, bahkan infrastrukturnya juga dilukis warna-warni. Beberapa dinding juga telah dihiasi dengan mural kece dan gambar-gambar 3D.

Renovasi yang dilakukan pemerintah tersebut direncanakan dengan harapan agar kota ini menjadi objek wisata baru yang nantinya meningkatkan tingkat perekonomian warga. Dan rencana tersebut berhasil, Movers! Masuknya wisatawan lokal, bahkan mancanegara, telah membantu ekonomi kampung ini, karena penduduk dapat menjual makanan dan juga cinderamata kepada mereka.

Berdasarkan keberhasilan proyek tersebut, pemerintah daerah dilaporkan meninvestasikan lebih banyak uangnya untuk memperluas warna ke lebih banyak rumah, dan juga untuk membersihkan sungai setempat. Para penduduk setempat juga kini semakin bersemangat untuk terlibat dalam melakukan desain dan pengecatan bangunan. Adanya Kampung Pelangi ini menyusul 3 desa kumuh lainnya yang juga berubah menjadi desa pelangi, termasuk Desa Jodipan, Malang. Keren kan, Movers? Yuk segera ke sana!

Foto: Cosmopolitan Indonesia


Tags :

Share on :