POSTED ON 05 Agustus 2017

7 0

Fakta Unik Tentang Kucing yang Perlu Kamu Tahu


Kucing merupakan salah satu hewan peliharaan yang paling banyak dipelihara oleh manusia. Tapi sayangnya justru sebagian pemelihara kucing nggak tahu nih bagaimana cara merawat kucing dengan benar, karena mereka nggak tau fakta-fakta yang ada pada kucing. Nah, kalau kamu pecinta kucing, atau berencana untuk memeliharanya. Lebih baik simak fakta-fakta unik tentang kucing di bawah ini:

  1. Kucing nggak punya collarbone, sehingga memungkinkan mereka masuk melewati celah selebar kepalanya. Kelenturan tubuh kucing keren banget, Movers! Kaki depannya dapat diputar ke segala arah dan setengah bagian tubuhnya dapat bergerak ke arah yang berlawanan.
  2. Kucing memiliki lebih dari 20 otot yang mengendalikan telinga mereka. Sehingga pendengaran kucing lebih sensitif dari manusia dan anjing. Batas pendengaran kucing 65 khz, sedangkan manusia 20 khz.
  3. Kucing merespon panggilan wanita lebih baik dari pada pria, karena suara wanita memiliki puncak nada yang lebih tinggi.
  4. Kucing punya cakupan pandangan sebesar 185 derajat. Mereka nggak bisa melihat pada kegelapan total, akan tetapi ketajaman matanya pada malam hari sangat baik. Mata kucing memiliki lapisan perefleksi cahaya yang disebut tapetum yang dapat berfungsi untuk memperkuat cahaya yang masuk retina.
  5. Denyut nadi kucing normal antara 110-170 denyutan per menit (kalau kamu ingin melakukan pengecekan denyut nadi, lakukanlah di paha belakang di bagian sendi yang menghubungkan kaki dengan tubuh).
  6. Suhu tubuh kucing normal 102 °F atau 38.8 °C ya, Movers! Jadi kalau di atas itu, bisa jadi kucing kamu terserang penyakit.
  7. Rata-rata kucing dapat berlari dengan kecepatan 31 mile per jam dan dapat melompat ke ketinggian 5 kali tinggi badannya.
  8. Orang yang alergi terhadap kucing pada umumnya alergi terhadap air liur kucingnya.
  9. Rata-rata umur kucing 15-16 tahun. Untuk menentukan kesetaraan umur kucing dengan umur orang, mulailah dengan 20 tahun sebagai umur tahun pertama kucing, kemudian tambahkan 4 tahun umur manusia untuk setiap umur tahun kucing.

Sebagai contoh: Jika kucing kamu berumur 4 tahun berarti umurnya setara dengan 20 tahun (untuk umur 1 tahun) ditambah 3 x 4 tahun, yaitu setara dengan umur 32 tahun pada orang.

  1. Kucing memiliki indera penciuman 20-80 juta sel olfactory, sedangkan manusia hanya 5-20 juta. Lidah kucing nggak dapat merasa karena kurangnya sensor syaraf perasa di lidah. Manusia mempunyai sekitar 9000 sensor syaraf perasa di lidah, sedangkan kucing hanya mempunyai 473 buah. Nafsu makan kucing terutama dipengaruhi oleh bau bukan rasa makanan. Jadi, jangan sampai kucingmu sakit flu ya, Movers! Karena dia nggak akan bernafsu makan, yang mengakibatkan kematian.
  2. Jangan aneh ketika kucing kamu memakan rumput ya, Movers! Karena ketika kucing memakan rumput, mereka sengaja memakannya dengan tujuan memperbaiki pencernaan dan membantu mengeluarkan rambut yang tertelan dan menumpuk di lambung. Unik ya?
  3. Ketika seekor kucing menggosokkan badannya ke kaki atau badan kamu, itu tandanya ia sedang menandai kamu dengan baunya dan menyatakan kamu sebagai pemiliknya.
  4. Telah dibuktikan secara ilmiah bahwa mengelus-elus kucing merupakan salah satu cara menurunkan tekanan darah kita, lho!
  5. Seekor kucing mengetahui perubahan dalam suasana hati kamu, dan kadang-kadang itu akan mempengaruhi kucing kamu.
  6. Dengkuran kucing (purring) nggak selalu menunjukkan bahwa kucing dalam keadaan nyaman. Kucing juga akan melakukan hal yang serupa dan lebih keras pada saat dalam keadaan stres atau kesakitan.

Sebenarnya masih banyak fakta-fakta menarik lainnya lho, Movers! Bahkan hingga saat ini, beberapa pakar ilmiah masih meneliti kucing secara mendalam untuk mengetahui fakta dan mengungkapp rahasia-rahasia yang ada pada kucing. Ternyata dibalik kelucuannya, kucing juga memiliki kekuatan besar dan banyak rahasia ya. Gimana, Movers? Tertarik untuk memeliharanya?


Tags : Kucing, Fakta Kucing, Fakta Tentang Kucing

Share on :