POSTED ON 27 Juli 2017

82 0

5 Sekolah Inovatif di Dunia. Ada yang Disatukan dengan Kuliah, lho!


Inovasi memang bisa diterapkan dalam segala bidang, termasuk dalam bidang pendidikan. Inovasi pendidikan bisa terlihat dalam banyak hal, Movers. Seperti menggabungkan teknologi dalam pengajaran, sampai memilih metoda baru dalam kegiatan belajar mengajar. Sama halnya pada sekolah, sekolah yang inovatif juga salah satu pendukung berkembangnya ilmu pengetahuan di dunia, lho! Mau tau apa saja sekolah inovatif yang ada di dunia? Check this out!

1. Summit Sierra, sekolah mandiri di Seattle, Washington – Amerika

Sekolah yang dibuka pada tahun 2015 ini adalah sekolah piagam dengan jumlah sekitar 200 murid. Setiap hari, anak-anak di sana membaca selama 30 menit, memecahkan hitungan matematika selama 30 menit, mengambil kursus online, berbicara dengan mentor tentang tujuan karir dan kehidupan mereka, serta bertemu dengan siswa lain untuk berkomunikasi dan berbagi perasaan mereka selama Community Time.

Meskipun anak-anak punya gaya belajar mereka sendiri, guru masih berperan penting. Guru Summit Sierra akan dipasangkan dengan siswa yang mereka mentori, empat tahun penuh. Instruktur dapat menggunakan software rumahan untuk melihat para siswa yang telah menyelesaikan tugas dan ujian tertentu. Dengan mengambil peran aktif dalam pendidikan mereka, Bill Gates mengatakan, anak-anak belajar tanggung jawab dan kemandirian.

2. AltSchool, sekolah ala Silicon Valley di San Francisco – California

Gaya belajar tradisional sudah tidak ada lagi di sekolah ini, AltSchool mengesampingkan model kurikulum standar untuk meningkatkan keahlian di bidang teknologi dan membiasakan murid-muridnya berpikir lebih fleksibel sehingga mereka akan mudah beradaptasi dengan perubahan-perubahan yang terjadi di dunia.

Anak-anak mengolah benda sehari-hari menjadi teknologi dengan papan-papan sirkuit dan belajar 3D modelling untuk membangun rumah-rumahan, mengejar apa yang mereka inginkan di masa depan mereka.

3. Sekolah Steve Jobs, sekolah dengan cara pikir yang berbeda di Amsterdam – Belanda

Sesuai dengan namanya, pendiri sekolah ini tidak lain dan tidak bukan adalah Steve Jobs. Sekolah ini menolak kebijaksanaan konvensional secara penuh. Setiap siswa di sekolah ini memulai dengan Rencana Individual Development Plan (IDP/Pembangunan Individu), yang dievaluasi dan dikaji ulang setiap enam minggu dengan anak, orang tuanya, dan pelatih atau guru, sekolah ini tidak menyebut mereka “guru”, melainkan pelatih. Semua siswa di kelas 4 sampai kelas 12 menerima iPads yang diisi penuh dengan aplikasi untuk membimbing pembelajaran secara individual. Tujuannya adalah agar anak-anak mampu merancang pendidikan mereka sendiri.

4. Blue School, sekolah yang mementingkan kreativitas di New York – Amerika

Dalam Blue School, kreativitas adalah segalanya. Sekolah ini didirikan sebagai playgroup pada 2006 oleh Blue Man Group. Sebagai bagian dari kurikulum, anak-anak di kelas 2 sampai 8 memiliki cara-caranya sendiri untuk mendaur ulang sampah, membuat model 3D, dan memperbaiki peralatan rumah yang sudah rusak. Mereka diajarkan untuk dihadapkan dengan masalah di dunia nyata yang beberapa kali anak-anak temuka ketika mereka menemukan barang bekas yang berguna. Sebuah sistem belajar yang dinamis berlaku untuk anak-anak dari segala usia, yang mengajarkan bahwa menciptakan dan menerapkan ide-ide baru adalah seperangakat keterampilan yang sangat diperlukan di kemudian hari.

5. SMA P-Tech, sekolah yang menjembatani SMA dan Kuliah di Brooklyn, New York – Amerika

Sekolah P-Tech didirikan pada tahun 2011 oleh IBM untuk memberikan kesempatan para remaja untuk kuliah tanpa mengindahkan pendidikan 4 tahun selama SMA lebih dulu. Sebaliknya, siswa P-TECH menyelesaikan gelar enam tahun. Jadi, itu berarti sekolah ini langsung disatukan dengan kuliah. Didorong oleh bimbingan dari mentor dan magang di bidang STEM (Science, technology, engineering and mathematics), siswa menghabiskan tahun kelima dan keenam untuk mendapatkan gelar sarjana dari New York City College of Technology. Dengan kata lain, P-TECH mengubah sekolah menengah atas, menjadi sekolah dengan jalur yang jelas dengan tidak menghabiskan waktu yang banyak. Murid lulusan SMA P-Tech membawa dua gelar sekaligus. SMA dan juga sarjana.

Foto: http://www.seattletimes.com


Tags : Sekolah, Sekolah Unik, Sekolah Inovatif

Share on :