POSTED ON 22 Juli 2017

58 0

5 Mitos Tidur yang Nggak Perlu Kamu Percaya


Kegiatan dan kesibukan kamu sehari-hari seringkali membuat tidur kamu terganggu, atau tidak nyenyak. Setuju nggak, Movers? Namun kita sering mendengar mitos, sesuatu yang belum bisa dibuktikan kebenarannya, mengenai tidur yang membuat kita memutuskan sesuatu. Misalnya, nggak masalah kok kalo beberapa hari ini tidur kamu kurang, toh hari Sabtu dan Minggu kamu bisa tidur lebih banyak. Sering melakukannya, Movers? Nah, supaya kamu nggak terjerumus dengan berbagai mitos seputar tidur ini, yuk lihat mitos apa yang sering kita dengar seputar tidur.

1. Tidur 8 jam perhari

Mitos: Kamu butuh tidur selama 8 jam agar kesehatan terjaga.

Fakta: Jumlah ideal jam tidur berbeda-beda untuk semua orang dan tergantung pada banyak faktor, termasuk usia dan susunan genetiknya.

2. Membayar tidur

Mitos: Kamu bisa membayar waktu tidur kamu, seperti tidur sampai siang pada hari Sabtu, Minggu, atau hari libur lainnya.

Fakta: Bangun siang saat hari libur terdengarnya menyenangkan, namun lebih penting jika kamu bisa mengatur jadwal tidur yang teratur setiap hari. Waktu tidur dan bangun yang teratur akan membantu kamu tertidur pada waktunya, setiap malam.

3. Olahraga membantu kamu tidur nyenyak

Mitos: Berolahraga pada sore hari akan membuat kamu lelah, sehingga dapat tidur lebih cepat dan juga nyenyak.

Fakta: Berolahraga secara teratur memang membuat kita lebih mudah tidur. Namun pastikan kamu selesai berolahraga minimal tiga jam sebelum tidur. Tubuh yang lebih dingin membuat kita lebih mudah tertidur, karena pada dasarnya olahraga meningkatkan suhu tubuh. Butuh sekitar enam jam untuk mengembalikan tubuh kita pada suhu normal. Jadi, baiknya olahraga dilakukan pada pagi hari.

4. Tidur mengistirahatkan otak

Mitos: Tidur diperlukan agar otak dapat beristirahat.

Fakta: Tidur memang sangat diperlukan, tapi ternyata bukan otak yang butuh beristirahat, melainkan tubuh. Otak kita masih bekerja saat kita tidur, dan mengontrol fungsi-fungsi tubuh. Contohnya, bernafas. Kalo otak kita beristirahat saat kita tidur, kita nggak bisa bernafas lagi dong? Hiiii!

5. Mendengkur

Mitos: Mendengkur biasa terjadi, dan tidak membahayakan kesehatan.

Fakta: Mendengkur memang sering terjadi, karena katanya terjadi akibat kamu kelelahan dan tidak membahayakan kebanyakan orang. Namun hal ini mungkin juga merupakan gejala kelainan tidur yang disebut “sleep apnea” yang dapat mengancam kesehatan kamu. Jika kamu mendengkur dengan keras, dan ada jeda yang panjang pada dengkuran kamu, konsultasikan pada dokter. Penyakit ini bisa diobati, kok.

Nah, itu dia mitos-mitos yang paling sering kita dengar di kehidupan sehari-hari. Kamu paling sering dikasih tau yang mana, Movers? Coba tulis di kolom komentar. Supaya lebih nyenyak saat tidur di malam hari, kamu bisa minum susu Ultra, Movers! Karena, susu mengandung asam amino tritopan. Tritopan adalah salah satu unsur di dalam otak yang dipakai untuk memproduksi melatonin dan serotonin, serta membuat seseorang merasa rileks sebagai persiapan untuk tidur. Melatonin berperan membantu manusia untuk tidur dan bangun secara teratur. Psst! Kalo itu, bukan mitos, melainkan sebuah fakta ya, Movers!

Foto: www.today.com


Tags : Tidur, Mitos Tidur, Fakta Tidur

Share on :