POSTED ON 14 Juli 2017

29 0

Ciptakan Bra Pendeteksi Kanker Payudara, Cowok ini Mendunia


Movers, apa yang akan kamu lakukan waktu berumur 18 tahun nanti? Kalo cowok asal Meksiko ini berhasil menemukan inovasi teknologi terbaru yang bermanfaat bagi seluruh wanita di dunia. Ia menemukan bra yang dirancang untuk mendeteksi tanda-tanda kanker payudara, di umurnya yang baru menginjak 18 tahun, lho!

Julian Rios Cantu, cowok yang baru-baru ini memenangkan sebuah kejuaran internasional dalam bidang inovasi teknologi mutakhir, mengembangkan ‘Eva Bra’, yaitu sebuah bra yang berisi 200 sensor yang menandai tanda-tanda awal kanker, nantinya akan terhubung dengan smartphone yang akan mengeksplorasi payudara. Eksplorasi yang dilakukan saat memakai payudara ini bermaksud melacak tentang berat, bentuk dan keberadaan benjolan pada payudara. Selain itu, bra ini berisi sensor panas yang mampu mendeteksi aliran darah, yang sering menunjukkan bahwa darah sedang memberi makan sel kanker.

Bra hanya harus dipakai selama satu jam dalam seminggu, sehingga tidak mengganggu kehidupan sehari-hari. Setelah sensornya memetakan permukaan payudara serta tekstur, warna dan suhu, sensor ini akan mengirimkan data ke aplikasi komputer atau smartphone via Bluetooth, yang kemudian diproses oleh jaringan syaraf tiruan.

Dalam Pemilihan Mahasiswa Global Choice di Frankfurt, Jerman, ia terpilih sebagai pemenang karena kemauan Julian memasuki bidang ilmiah yang membantu dalam mendiagnosa kanker. Meskipun bra yang dikembangkan oleh Julian masih dalam tahap prototipe, pihak juri GSEA sepakat untuk memenangkan Julian karena mereka mengapresiasi kemauan Julian dan rekannya dalam bidang ilmiah.

Ia terinspirasi untuk membuat bra, setelah kanker payudara menyerang mendiang ibunya, dan Ia bertekad untuk memerangi penyakit ini. Selanjutnya Julian akan mengembangkan lebih lanjut ‘Eva bra’ dengan menggunakan hadiah uang dalam kontes tersebut. Julian pun berherap suatu saat nanti produknya bisa dijual bebas untuk semua wanita, sehingga mengurangi angka kematian wanita dikarenakan penyakit kanker.

 


Tags :

Share on :