POSTED ON 01 Juli 2017

10 0

5 Fakta Lebaran di Indonesia


Bulan puasa telah berakhir nih Movers, itu berarti umat muslim di dunia merayakan Hari Raya Idul Fitri. Setiap negara yang merayakan lebaran, mempunyai caranya masing-masing dalam perayaannya. Begitu juga di Indonesia. Apa saja fakta lebaran khas Indonesia ya? Yuk kita cari tahu di bawah ini.

 

1. Ketupat

Ketika mendekati Hari Raya Idul Fitri, ketupat sudah menjadi tradisi lebaran yang melekat kuat di Indonesia. Sampai-sampai simbol di kartu ucapan, parsel, dan beberapa pajangan di lokasi publik pasti menggunakan gambar ketupat. Ketupat merupakan anyaman daun kelapa atau janur, yang diisi beras, kemudian direbus hingga menjadi nasi yang padat. Makanan khas lebaran ini biasanya ditemani dengan lauk opor ayam, rendang, sambal goreng ati, sampai sate ayam.

 

2. Baju Baru

“Baju baru alhamdulillah, dipakai di hari raya...” Cuplikan lagu tersebut sudah mencerminkan tradisi lebaran di Indonesia lho, Movers! Kamu pasti udah nggak asing lagi kalo pusat-pusat perbelanjaan ramai menawarkan diskon besar karena semua orang beramai-ramai membeli ‘baju lebaran’. Sebenarnya membeli baju baru tidak wajib, kegiatan ini hanya simbol dari lebaran itu sendiri, yaitu kembali fitri dan suci. Jika kamu salah satu orang yang merayakan lebaran dengan membeli baju baru, kamu nggak perlu memaksakan diri mengeluarkan uang lebih untuk membeli baju baru ya, Movers! Karena yang terpenting dari lebaran adalah hati yang suci dan saling memaafkan sesama umat manusia.

 

3. Mudik

Mudik sebenarnya berasal dari bahasa Jawa, “Mulih Dhisik”, yang berarti “Pulang Dulu”, dan kemudian diangkat menjadi bahasa nasional untuk mendeskripsikan kegiatan para perantau kembali ke kampungnya. Tradisi mudik merupakan kegiatan tahunan perantau kembali ke kampung halamannya guna merayakan hari lebaran bareng keluarganya.

 

4. THR

THR adalah kependekan dari Tunjangan Hari Raya, merupakan tradisi yang nggak bisa lepas dari lebaran. Pemberian THR adalah momen yang paling ditunggu-tunggu oleh masyarakan terutama papah, mamah atau saudara-saudara kita yang profesinya karyawan. Dengan adanya THR mereka menjadi mempunyai uang lebih menjelang lebaran. Berkah THR juga dirasakan oleh anak-anak kecil. Hal ini karena tradisi untuk memberi THR bagi anak-anak yang datang bersilaturahmi ke rumah sanak saudara atau tetangga sekitar yang merayakan hari lebaran.

 

5. Kue Lebaran

Menjelang datangnya lebaran, setiap orang pasti memenuhi rumahnya dengan berbagai macam kue, guna menjamu tamu atau keluarga yang nantinya akan datang berkunjung. Kue yang identik dengan lebaran adalah kue nastar. Selain itu, jenis kue lainnya yang biasanya hadir di meja makan saat lebaran tiba adalah cookies coklat, kue kacang, kastengel keju, kue putri salju, dan kue sumprit. Kalo kue khas lebaran di rumah kamu, apa nih Movers?

 

Hal-hal di atas adalah fakta dan tradisi unik merayakan lebaran di Indonesia. Tradisi manakah yang menunjukkan hari lebaran di rumah kamu, Movers? Share yuk di kolom komentar! Tapi apapun tradisinya, satu hal yang pasti di Hari Kemenangan nanti dapat menjadi hari kemenangan bagi kita semua untuk menjadi pribadi yang lebih baik, saling menghargai dan menghormati bersama. Selamat Hari Raya Idul Fitri, Movers!

Foto: www.leeweebrothers.com


Tags :

Share on :