POSTED ON 19 Juni 2017

14 0

5 Tradisi Lebaran Terunik di Dunia



Setiap negara berbeda pasti punya tradisi unik yang mereka lakukan untuk menyambut hari-hari besar termasuk lebaran. Di Indonesia sendiri, lebaran biasanya jadi ajang silaturahim antar keluarga dengan mudik ke kampung halaman, bagi-bagi uang THR, dan diisi berbagai menu makanan khas seperti ketupat dan lauk-pauknya. Nah, bagaimana dengan tradisi di 5 negara ini ya Movers?

1.     Arab Saudi

Umat muslim di Arab Saudi biasanya menggelar pertunjukkan seni seperti teater dan tarian, ini dilakukan untuk merayakan hari yang paling ditunggu dalam satu tahun. Mereka juga menghias rumah pakai hiasan khas lebaran, dan enggak lupa makanan khas dari daging domba juga jadi santapan wajib saat lebaran. Biasanya setelah shalat ied, mereka akan bersilaturahim ke sanak saudara dan berziarah ke makam.

2.     Australia

Walaupun masyarakat muslim di Australia ini adalah kaum minoritas, tapi perayaan lebaran disana tetap meriah lho Movers. Di sana ada festival multikultur yang diikuti sama berbagai macam agama dan golongan, walaupun minoritas tapi di sana umat muslim tetap bisa maksimal beribadah dan bisa jadi contoh kerukunan antar umat beragama juga nih Movers.

3.     India

Sebagai negara yang penduduknya mayoritas beragama Hindu, bukan berarti perayaan lebaran di sana enggak meriah nih Movers. Mereka biasanya melakukan shalat ied di masjid, setelah itu makan bersama untuk menikmati hidangan khas lebaran yang bernama Siwaiyaan. Siwaiyaan terbuat dari bihun yang disajikan pakai susu dan buah kering, siwaiyaan ini punya citarasa yang manis dan cocok untuk dinikmati saat lebaran.

4.     Nigeria

Di Nigeria masyarakat muslim dan non muslim hidup berdampingan, kondisi ini juga  membuat tradisi hari raya lebaran di sana jadi lebih meriah. Umat muslim mendapatkan ucapan selamat lebaran dari umat non muslim, biasanya salam yang di ucapkan adalah Barka Da Sallah yang artinya Salam Sejahtera di Hari Raya.

5.     Suriname

Suriname akrab sama Indonesia nih Movers, kenapa? Karena sebagian penduduk Suriname berasal dari Suku Jawa yang ada di Indonesia. Tradisi lebaran yang unik dari negara ini adalah menentukan jatuhnya hari raya dengan perhitungan jawa atau biasa disebut primbon. Tradisi unik ini ternyata sudah dilakukan turun-temurun dari nenek moyang mereka di sana lho Movers.

Apapun dan bagaimanapun tradisi lebaran yang dilakukan di berbagai negara ini pasti punya maksud yang baik ya Movers. Selain itu, tradisi unik ini juga memperkaya kebudayaan di dunia. Nah, di hari lebaran nanti kamu juga bisa lho menikmati Susu Ultra sambil bersilaturahim bareng keluarga kamu. Susu Ultra punya rasa yang enak dan kaya manfaat yang baik untuk tubuh kamu Movers, jadi jangan lupa sediain Susu Ultra di hari lebaran nanti ya.

Foto: www.http://blog.cheersbye.com


Tags :

Share on :