POSTED ON 05 Juni 2017

10 0

Sambut Lebaran dengan Menghias Rumah Pakai Ketupat dari Pita



Hore! Lebaran sebentar lagi! Apa yang terbesit di pikiran kamu kalau ada kata ‘lebaran’? Baju baru, parsel, atau THR? Hmm, kalau lebaran, kayanya identik dengan ketupat ya, Movers? Setuju nggak? Nah, biar lebaran tahun ini istimewa, hias rumah kamu yuk! Kali ini UltraMYM akan sharing tentang cara menganyam dan membuat ketupat untuk dijadikan hiasan rumah kamu saat lebaran nanti. Perhatikan langkah-langkahnya di bawah ini!

  • 2 Rol Pita dengan Warna Berbeda
  • Gunting

 

Cara Membuat:

  1. Siapkan 2 rol pita, kemudian potong kedua pita sepanjang 1m, belah pita menjadi 2 bagian.
  2. Lingkarkan sebanyak 3 kali lingkaran pada jari tangan kanan dan kiri, dengan ujung pita yang panjangnya berbeda.
  3. Anyam lingkaran pita dengan cara memasukkan pita mulai dari tangan kanan, berselang-seling ke atas pita yang ada di tangan kiri, sampai terbentuk hampir menyerupai anyaman ketupat, tapi hanya pada satu sisi.
  4. Ambil salah satu pita yang ujungnya panjang, masukkan berselang-seling sebanyak tiga kali.
  5. Ambil ujung pita yang pendek dengan warna yang berbeda untuk mengunci anyaman, sebanyak dua kali.
  6. Ulangi langkah 1-5 pada ujung pita yang belum dianyam, sampai kedua ujung pita bertemu, ujung pita yang pendek dengan yang pendek. Begitu pula dengan yang panjang, harus bertemu dengan ujung yang panjang juga.

Itu tadi cara mudah untuk membuat hiasan ketupat. Bagaimana? Apa kamu ingin mencoba membuat hiasan dengan tangan kamu sendiri? Jika kamu masih bingung, kamu bisa meminta bantuan mama atau saudara yang biasa membuat ketupat asli kok, Movers! Karena caranya hampir sama dengan ketupat yang dibuat dengan janur. Selamat mencoba, Movers!

Foto: www.http://almalekfaisal.blogspot.co.id


Tags :

Share on :