POSTED ON 04 Juli 2017

15 0

Ceriakan Hari Kamu dengan Membuat Kincir Angin Beraneka Warna


Kincir angin adalah hiasan sepanjang masa yang indah dan menyenangkan untuk segala umur. Kamu bisa gunakan kincir angin untuk mendekorasi halaman rumah kamu untuk pesta, atau sekedar bermain dengan adik-adik kamu yang masih kecil. Ternyata, cara membuat kincir angin itu gampang, lho! Mau tahu caranya? Yuk simak di bawah ini!

Bahan:

·        Kertas warna tebal (Ukuran 17,5 x 17,5 cm)

·        Pensil

·        Penggaris

·        Cat/ Krayon/ Spidol

·        Lem kertas (lem kertas diperlukan bila kamu ingin menempelkan gambar pada kincir angin bila tidak maka lem tidak diperlukan).

·        Jarum tusuk atau Jarum pentol

·        Tongkat kayu untuk digunakan sebagai tiang kincir angin (panjang dan besar kayu disesuaikan dengan ukuran kincir angin).

Cara Membuat:

  1. Gambar empat persegi pada kertas warna. Gunakan penggaris untuk membagi wilayah kertas, bagian tengah kertas harus berada di titik 8,75 cm. Gunakanlah pensil untuk membuat garis lipat ini.
  2. Warnai keempat bidang yang telah dibagi tadi dengan cat/krayon/spidol berwarna atau bisa juga menggunakan kertas warna lain dengan cara menempelkan kertas warna tersebut menggunakan lem. Usahakan keempat bidang tersebut menggunakan warna yang berbeda.
  3. Tunggu kertas yang telah diwarnai tadi sampai mengering sempurna, agar saat dilipat kertas tidak mudah robek.
  4. Buat garis diagonal dari setiap sudut kertas menuju pada bagian tengah. Buatlah garis secara mirip antar sudut kertas dengan melewati bagian tengah sampai mencapai sudut yang berlawanan.
  5. Buatlah gambar garis setiap sudut kertas hingga ke jarak 3 cm dari titik tengah. Ulangi proses di atas pada ada setiap sudut yang ada sehingga pada kertas terdapat 4 garis yang terpusat pada titik tengah. Gunting kertas mengikuti garis yang telah dibuat tadi, jangan menggunting terlalu panjang.
  6. Sisakan jarak sekiatar 3 cm dari titik tengah. Setelah itu berikan label di setiap garis misal A, B, C dan D. Setiap potongan segitiga memiliki satu huruf sebagai tanda.
  7. Lipat kertas pada sisi yang telah ditandai A, B, C, dan D ke tengah persegi. Gunakan jari kamu untuk menahan lipatan setelah itu masukan jarum pentol tepat di pusat lipatan A, B, C dan D semuanya bertumpuk menjadi satu.
  8. Setelah itu letakan kincir yang sudah jadi, lalu ambil tiang kayu yang telah disiapkan lalu basahi kayu dengan menggunakan air lalu tekan jarum pada kayu tadi sampai menancap.

Kincir angin yang cantik telah siap untuk dimainkan! Bagaimana mudah kan, Movers? Kamu bisa membuat kincir angin dengan kreativitas serta imajinasimu sendiri. Dengan begitu kamu akan memiliki kincir angin dengan bentuk dan warna yang unik.

Foto: www.etsy.com

 


Tags : DIY, Do It Yourself, Pinwheel

Share on :