POSTED ON 13 Mei 2015

713 1

6 CARA TETAP GAUL WALAUPUN LAGI NABUNG


Pernah enggak sih Movers kepingin banget beli sesuatu, tapi uang jajannya enggak cukup? Enggak ada salahnya mulai menabung dan menyisihkan uang jajan untuk mendapatkan hal tersebut. Meski kamu membatasi waktu main kamu keluar karena harus menabung, kamu enggak usah takut enggak bisa bersosialisasi dengan teman-teman, masih banyak cara untuk tetap gaul walaupun sedang menabung dan tidak bisa banyak main seperti dilansir dari laman Canadianliving.


1. Pilihlah pilihan yang lebih murah

Jika ada kawan-kawan yang minta kamu gabung untuk main, kasih opsi yang lebih murah biar kamu tetap bisa ikut main tanpa harus mengeluarkan uang terlalu banyak, dengan demikian kamu masih punya uang jajan lebih untuk disisihkan.


2. Mengunjungi acara-acara yang gratis

Konser musik di taman, sekedar jalan-jalan keliling kota, masuk mall tanpa belanja, atau pertunjukkan film gratisan bisa kamu gunakan untuk bersosialisasi sambil bertemu teman-teman dan banyak orang tanpa harus mengeluarkan uang, paling-paling untuk bensin yang sudah menjadi pengeluaran rutin kamu sehari-hari.


3. Keluar dari zona nyaman

Ganti aktivitas nongkrong kamu dengan aktivitas yang lebih mengisi waktu, misalnya mengambil kelas musik, memasak dan lain-lain. Sehingga daripada nongkrong dan menghabiskan uang di luar, mengambil kelas dapat menambah pengetahuan dan kemampuan kamu, dan tidak menghabiskan uang sendiri. Selain itu di kelas-kelas tambahan tersebut kamu tetap bisa bertemu dengan teman-teman. Zona nyaman yang kamu tinggalkan untuk sementara itu dapat diganti dengan hal-hal lain yang lebih bermanfaat.


4. Ajak teman untuk menghadapi tantangan yang sama

Misalkan kamu menantang diri untuk tidak jajan jajanan tertentu saat menabung, coba kamu ajak teman kamu yang lain untuk melakukan hal ini dan hadiahi masing-masing sesuatu di ujung tantangan, saat target tabungan yang kamu tuju sudah cukup.


5. Manfaatkan teknologi

Di zaman sekarang, bersosialisasi tidak melulu harus bertatap muka, sebaliknya menggunakan smartphone dengan segala aplikasi jejaring sosialnya memastikan kamu tetap terhubung dan bersosialisasi dengan yang teman-teman tanpa harus keluar rumah dan mengeluarkan biaya.

6. Buat papan berisi catatan serta visi

Hal terakhir ini cocok buat kamu yang punya target tertentu. Dengan catatan dan tujuan-tujuan tertentu, kamu sudah punya patokan tersendiri mengenai uang yang kamu punya, berapa banyak yang kamu habiskan, dan berapa sisa uang yang kamu butuhkan. Catatan ini bisa menjadi motivasi buat kamu mengatur pengeluaran untuk kebutuhan-kebutuhan sehari-hari.


Tags : artikel

Share on :