POSTED ON 01 Juni 2017

32 0

Punya Banyak Kertas Tak Terpakai? Buat Jadi Salju Aja, Movers!


Movers, tahu nggak kalo kertas yang dibuang membutuhkan waktu dua sampai enam bulan untuk terurai? Jadi, jika sampah kertas kamu tidak dikelola dengan baik, bukan tidak mungkin lingkungan sekitar kamu akan tertutup dengan sampah. Yuk, kita buat sampah kertas yang ada di rumah menjadi pajangan berbentuk salju yang indah. Lihat caranya bikinnya di bawah ini!

Bahan:

·       Kertas

·       Gunting

·       Selotip

·       Stapler

Cara Membuat:

  1. Lipat kertas secara diagonal sampai berbentuk segitiga. Lakukan sekali lagi dengan sisi yang berbeda, hingga berbentuk segitiga sempurna. Jika kertas kamu tidak membuat bentuk segitiga, kamu bisa gunting tepinya hingga menjadi selaras dan sempurna.
  2. Potong tiga celah di segitiga. Posisikan gunting di sepanjang lipatan bawah yang berakhir, dan sejajar dengan salah satu ujung-ujungnya ke atas (potongan kamu harus agak diagonal ya).
  3. Potong hampir sampai ke lipatan-lipatan yang menyatu, dan buat jarak yang hampir sama antara masing-masing potongan.
  4. Buka kembali segitiga itu. Balikkan sehingga salah satu titik tengah yang lancip menghadap kamu.
  5. Gulung dua baris kertas paling dalam, satukan hingga membentuk tabung. Eratkan kedua potongan menggunakan selotip. Kamu harus melihat bentuk segitiga di setiap sisi gulungan, jadi jangan ditekan, berikan ruang pada lipatannya ya.
  6. Balikkan kertas ke sisi yang lain. Ambil dua baris kertas berikut dan tarik keduanya di sisi yang berlawanan dari lipatan pertama dan selotip bersama seperti sebelumnya. Lipatan ini akan menjadi bentuk yang lebih bulat dan lebih lebar dari tabung pertama.
  7. Lakukan seperti yang di atas, sampai semua garis kertas digabungkan. Lakukan langkah di atas ke kertas-kertas selanjutnya.
  8. Gabungkan 3 potongan gulungan yang telah selesai, dan staples di satu ujung. Lakukan 3 buah lainnya dengan cara yang sama. Sekarang kamu akan punya 2 buah potongan yang terdiri dari 3 helai masing-masing. (Untuk keping salju yang lebih kecil, mungkin lebih mudah menggunakan selotip dua sisi atau lem putih sebagai pengganti staples.)
  9. Staples dimana keenam potongan bertemu. Pastikan bahwa potongan-potongan tadi berbentuk kepingan salju.
  10. Buat beberapa kepingan salju! Hias dengan cara kamu sendiri, dan gantungkan di pintu atau jendela kamarmu. Selamat berkarya, Movers!

Foto: http://babyology.com.au 


Tags :

Share on :