POSTED ON 26 Mei 2017

41 1

Movers, Tahukah Kamu Siapa Aktor Laga Internasional Pertama dari Indonesia?


Kesuksesan film laga di Indonesia semakin berkembang sangat pesat setiap tahunnya. Berbagai pujian dan apresiasi mulai berdatangan dari negara-negara adikuasa dalam film laga. Seiring dengan sumber daya yang terus dilatih dan pengemasan film yang baik, film laga seperti ‘The Raid’ sukses merebut hati banyak penggemarnya.

Keberhasilan film laga tentunya nggak bisa dipisahkan dari akting sang aktor atau aktris di dalamnya. Sederet nama seperti Joe Taslim yang bermain di ‘Fast and Furious 4’, Iko Uwais di ‘The Raid’, Yayan Ruhian yang lebih dikenal dengan nama Maddog, juga telah membanggakan nama Indonesia dengan prestasinya di kancah hiburan film internasional. Tapi, pernah nggak sih kamu bertanya-tanya, siapa aktor laga Indonesia pertama yang pernah go international? Jauh sebelum adanya nama-nama aktor laga yang kita kenal saat ini, ternyata ada satu orang yang telah lebih dulu melanglang buana ke dunia film internasional, bahkan pernah bermain film bersama Jackie Chan dan Bruce Lee. Siapa dia?

Lahir di Pematang Siantar, Sumatera Utara pada 29 Juni 1939, Wang Lap-tat atau sering dikenal dengan nama Lo Lieh adalah aktor laga Indonesia yang mencatatkan diri di perfilman internasional. Awalnya, pada tahun 1962 Lo Lieh pergi ke Hongkong untuk belajar seni beladiri, Lo Lieh kemudian bergabung dengan sebuah perusahaan film bernama Shaw Brothers yang punya reputasi sangat baik di Hong Kong pada waktu itu. Saat ini, dirinya mengganti nama menjadi Lo Lieh dan lebih dikenal dengan Joe Lee sebagai nama panggungnya.

Beberapa film yang ia bintangi pada tahun 1965-1969 adalah Tiger Boy (1966), Golden Swallow (1968) dan Twelve Deadly Coins (1969). Di ketiga film ini Lo Lieh selalu berperan sebagai tokoh protagonis dan sukses menjiwai setiap karakternya disertai dengan kemampuan beladirinya yang handal.

Lalu, di awal 1970 aktor yang mampu berbahasa Mandarin ini berpindah agensi di Warner Bross dan membintangi film King Boxer di tahun 1972. Film ini sukses menembus pasar Amerika Serikat dan menyebarkan virus kungfu. Karirnya pun terus menanjak, sehingga ia membintangi film Fist of Fury II bersama Bruce Lee. Sebagaimana yang kita tahu bahwa film Fist of Fury II ini termasuk dalam film yang legendaris dikalangan film laga internasional. Nggak cuma Bruce Lee, ia juga pernah berkolaborasi dengan Chow Yun Fat di tahun 1984 pada film The Occupant dan juga aktor legendaris Jackie Chan di film Police Story II di tahun 1992.

Hingga akhir hayatnya, Loh Lieh sendiri tetap bersemangant mengabdi untuk dunia perfilman. Nggak cuma sebagai aktor, ia juga mencoba menjadi art director, sekaligus asisten sutradara di film Fist of Dragon (1977) dan menjadi sutradara di berbagai film seperti Zen Master 6 (1987). Lo Lieh meninggal tahun 2001 karena mengalami serangan jantung. Sebelum meninggal, di tahun yang sama ia sempat membintangi film nya yang terakhir, yaitu Glass Tiger. Banyak sumber yang mengatakan bahwa saat dirinya menapaki karir di dunia perfilman dari tahun 1965 hingga 2001, ia telah membintangi film lebih dari 200 judul dengan berbagai jenis peran, dari protagonis hingga antagonis. 

Jadi itu dia, Movers, aktor laga Indonesia yang pertama kali terjun ke film internasional. Di tengah geliat film laga Indonesia zaman sekarang, kita juga nggak boleh melupakan keberadaan aktor laga legendaris satu ini ya, Movers.

 

Tags : Aktor, Film, Bintang Film, Aktor Laga

Share on :