POSTED ON 24 Mei 2017

44 1

N219, Pesawat Karya Anak Bangsa yang Siap Mengudara!


Anak bangsa kembali membuat bangga Indonesia, kali ini dalam bidang alat transportasi. Setelah sempat tertunda beberapa kali, penerbangan perdana Pesawat N219 buatan anak bangsa akhirnya siap. PT Dirgantara Indonesia (Persero) sedang memastikan final pembuatan pesawat baru seri N219 yang diperuntukkan sebagai pesawat perintis. Saat ini pesawatnya sedang dilakukan uji sistem dan diharapkan bisa mengudara dalam waktu dekat.

Pembuatan pesawat N219 ini patut dibanggakan, dibandingkan pembuatan pesawat terdahulunya yaitu N250. Karena semua proses pengerjaannya dilakukan oleh anak bangsa, Movers. Keren banget kan?

N219 adalah pesawat generasi kedua yang dibuat perekayasa Indonesia setelah N250. Pesawat berkapasitas 19 penumpang itu didesain sebagai pesawat perintis, penghubung daerah terpencil dan pulau-pulau kecil yang bisa mendarat di landasan tanah, berumput, atau berkerikil, dengan panjang landasan 600 meter.

Pesawat ini dirancang multifungsi. Diantaranya untuk angkutan penumpang, kargo, evakuasi medis, surveilans, dan patroli. Pesawat buatan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) dan PTDI itu ialah pesawat terbaru di kelasnya dan dinyatakan punya banyak keunggulan, termasuk kecanggihan teknologi yang digunakan.

Diperkirakan hingga tahun 2022, dunia perlu 118 pesawat sekelas N219 versi sipil, termasuk untuk Indonesia. Pesawat perintis yang beroperasi sekarang ini masih berteknologi lama dan usianya sudah tua, sehingga perlu diganti. Jadi, kebutuhan pesawat sekelas N219 kian besar. Wah, kita berdoa saja semoga pesawat buatan anak bangsa ini bisa mendunia dan dibutuhkan oleh semua negara ya, Movers!

Foto: www.vehiclepad.com

 

Tags : Pesawat, Pesawat Nasional, N219, PT Dirgantara Indonesia

Share on :