POSTED ON 18 Jan 2017

21 0

Bermain Alat Musik Bisa Bikin Lebih Pintar? Ini Alasannya


Banyak dari kalangan para ahli yang semakin mencari tahu manfaat apa yang bisa didapatkan dari bermain alat musik. Hal ini semakin menarik karena orang-orang, terutama anak-anak yang sedang berada dalam masa pertumbuhan seperti kita menjadi lebih baik dalam berbagai macam kemampuan yang disebabkan oleh bermain alat musik. Penelitian-penelitian di bidang ini kemudian membuahkan hasil bahwa banyak sekali manfaat yang kita dapatkan dari bermain alat musik. Berikut ini adalah alasan-alasan mengapa bermain alat musik bisa membuat seseorang menjadi lebih pintar:

 

1. Meningkatkan Kapasitas Memori

Sebuah penelitian membuktikan bahwa dengan rutin memainkan alat musik bisa mningkatkan kapasitas memori kita. Penelitian yang melibatkan 22 orang anak pada masa pertumbuhan, sebagian anak hanya belajar di kelas tanpa dibarengi dengan latihan bermain musik dan sebagian lagi belajar sambil berlatih bermain piano di luar jam sekolah. Hasilnya, anak yang bermain piano mengalami peningkatan skill sebesar 34 persen daripada yang tidak bermain alat musik.

 

2. Melatih Ketekunan

Untuk bisa bermain alat musik, dibutuhkan waktu dan ketekunan yang besar. Tanpa sebuah ketekuanan, permainan musik yang dihasilkan tidak akan bagus untuk didengar. Para musisi hebat sekalipun, pasti membutuhkan proses latihan yang cukup lama untuk bisa memainkan bagian-bagian tersulit dalam lagu, yang tidak disadari mampu meningkatkan ketekunan.

 

3. Meningkatkan Kemampuan Matematika

Membaca partitur musik membutuhkan kemampuan berhitung yang baik, untuk bisa membedakan not mana yang harus dimainkan panjang, pendek, atau ritme yang ada di dalamnya. Studi mengatakan bahwa anak dalam masa pertumbuhan yang memainkan alat musik mendapatkan nilai matematika lebih baik di sekolah daripada yang tidak memainkan alat musik.

 

4. Melatih Keterampilan Membaca

Sebuah penelitian dari jurnal Psychology of Music membuktikan bahwa anak-anak yang bermain alat musik dan terbiasa dengan membaca partitur musik dengan komposisi ritmik, tonal, dan harmoni yang komplek mengalami peningkatan keterampilan membaca lebih baik daripada anak yang tidak bisa bermain alat musik. Ini sangat mungkin, karena untuk bisa memainkan musik yang ditulis dalam lembaran kertas partitur dibutuhkan kemampuan membaca yang cepat yang secara tidak langsung melatih keterampilan membaca kita.

 

5. Mempertajam Konsestrasi

Memainkan alat musik membutuhkan konsetrasi yang tinggi untuk bisa mendapatkan pitch atau ketepatan nada, ritmik, tempo, durasi, hingga kualitas suara yang dihasilkan. Sedikit saja kehilangan konsentrasi maka permainan musik kita akan terdengar tidak enak. Itulah mengapa orang yang bermain musik memiliki tingkat konsentrasi yang lebih tajam.

 

Tags : Musik, Manfaat Musik, Main Musik

Share on :