POSTED ON 15 Jan 2017

13 0

Inilah 5 Manfaat Mendengarkan Musik Menurut Para Scientist


Apakah Movers penikmat musik dan hampir tidak pernah melewatkan mendengar musik di setiap kesempatan? Beruntunglah karena akhir-akhir ini banyak penelitian yang dilakukan oleh para scientist tentang manfaat yang ada pada saat kita mendengarkan musik. Mulai dari membuat mood menjadi lebih baik hingga membuat IQ menjadi lebih tinggi. Dan berikut ini adalah lima manfaat yang bisa Movers dapetin dari mendengarkan musik:

 

1. Membuat Kamu Lebih Bahagia

Pernahkah Movers merasa menjadi lebih bahagia saat mendengarkan musik yang kamu suka? Jangan heran karena sebuah penelitian membuktikan bahwa ketika kamu mendengarkan musik yang disukai, otak akan melepaskan dopamin, yaitu sebuah neurotransmitter yang menyebabkan otak merasa lebih baik. Jadi sudah tahu kan sekarang, apa yang harus dilakukan saat merasa kurang bahagia? Cobalah dengan mendengarkan lagu favorit selama 15 menit. Itu adalah cara termudah untuk membuat kita merasa lebih bahagia.

 

2. Jadi Lebih Produktif

Manfaat lainnya dari mendengarkan musik adalah bisa membuat kita bekerja lebih produktif. Apapun pekerjaan yang dilakukan, jika ditemani dengan musik yang memiliki beat yang enerjik maka akan sangat bisa membantu melakukan pekerjaan tersebut menjadi lebih baik. Marcelo Bigliassi pernah melakukan sebuah percobaan yang melibatkan beberapa orang pelari, hasilnya pelari yg berlari sambil mendengarkan musik mampu berlari lebih cepat pada 800 meter pertama daripada yang tidak mendengarkan musik.

 

3. Menurunkan Stres

Tahukan Movers bahwa 60% penyebab penyakit yang sering menimpa kita disebabkan oleh pikiran yang kurang baik akibat stres? Dengan mendengarkan musik, siapa saja bisa menurunkan kadar hormon kortisol dalam tubuh yang sering menjadi penyebab stres. Mendenagrkan musik setiap hari melalui perangkat gadget pribadi atau radio kesayangan akan sangat membantu membuat pikiran tetap santai dan terhindar dari stres.

 

4. Membantu Tidur Lebih Baik

Untuk Movers yang seringkali kesulitan untuk bisa tidur secara nyaman, enggak ada salahnya untuk mencoba mendengarkan musik terlebih dahulu sebelum tidur di malam hari. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa seseorang yang mendengarkan musik klasik selama 45 menit sebelum tidur bisa mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik daripada siswa yang tidak mendengarkan musik sebelum tidur. Jadi, jika Movers mengalami kesulitan tidur, cobalah untuk mendengarkan beberapa buah musik klasik seperti karya Bach atau Mozart agar mendapatkan tidur yang baik.

 

5. Membantu Mengurangi Makan

Movers lagi mencoba diet untuk bisa lebih sehat setiap harinya? Mendengarkan musik ternyata bisa membantu kamu untuk mengurangi makan lho! Penelitian di Universitas Georgia Tech menunjukkan bahwa mendengarkan musik saat sedang makan bisa membuatnya mengkonsumsi lebih sedikit makanan dan membuatnya bisa lebih menikmati makanan. Cara ini sangat cocok bagi siapa saja yang ingin menurunkan nafsu makan, cobalah untuk memilih beberapa musik yang santai saat menikmati makananmu.

 

Tags : Musik, Manfaat Musik, Mendengar Musik

Share on :