POSTED ON 04 Jan 2017

18 0

10 Pekerjaan yang Cocok Untuk Pecinta Musik


Bagi hampir semua orang, musik merupakan salah satu hal yang bisa mempenagruhi mereka, baik itu merasa senang, sedih, ataupun perasaan lainnya. Musik sangat mudah kita temui di berbagai kesempatan. Oleh karena itu, banyak sekali orang yang bukan hanya bertindak sebagai penikmat, namun juga sebagai pelaku dalam industri musik. Dan tahukan Movers, seseorang yang memiliki kecintaan dalam musik tidak selalu berprofesi sebagai musisi saja. Berikut ini merupakan 10 pekerjaan yang cocok untuk para pecinta musik:

 

1. Pencari Bakat

Setiap label rekaman besar biasanya akan memiliki seorang Talent Scout atau pencari bakat. Untuk bisa bekerja sebagai pencari bakat, pendengaran dan insting kita harus benar-benar tajam dan sehingga bisa tahu band yang sedang kita dengarkan dan mengirimkan demo albumnya ke label tempat kita bekerja bisa diketahui apakah memiliki potensi atau tidak.

 

2. Komposer/ Arranger

Komposer dan arranger, keduanya adalah para pembuat musik. Namun bedanya, komposer mencipatakan musiknya sendiri alias original. Berbeda dengan komposer, arranger biasanya akan mengaransemen lagu yang sudah ada menjadi sebuah karya yang terdengar lebih baru.

 

3. Promotor Konser

Menjadi seorang promotor konser haruslah memiliki insting yang kuat dalam berbisnis. Kita harus tahu apakah konser yang akan kita buat akan sukses dan menghasilkan keuntungan atau tidak. Kesuksesan ini bisa dilihat salah satunya adalah dari penjualan tiket yang terjual dan kepuasan para pecinta musik.

 

4. DJ

Disc Jockey atau yang lazim dikenal dengan sebutan DJ adalah seorang yang mahir memilih dan memainkan rilisan musik dalam sebuah acara. Sekarang ini, DJ kerap kali dikaitkan dengan seorang yang bisa meremix lagu-lagu electronic dalam sebuah acara pesta.

 

 

5. Jurnalis Musik

Menjadi seorang jurnalis musik sering dianggap menyenangkan oleh kebanyakan orang. Hal ini karena seorang jurnalis biasanya bisa berada lebih dekat dengan musisi-musisi ternama melalui liputan atau wawancara yang dilakukannya. Jurnalis musik tentunya sangat membantu para musisi untuk menyampaikan berita pada penggemarnya.

 

6. Pustakawan Musik

Seorang pustakawan musik biasanya memiliki pengetahuan yang luas dalam musik. Dia harus mengetahui semua jenis koleksi rilisan fisik rekaman musik, partitur dan arsip musik, serta hal lainnya yang berada dalam sebuah perpustakaan musik.

 

7. Guru Musik

Mengajarkan semua orang yang memiliki keinginan untuk bisa bermain musik menjadi lebih mahir adalah tugas seorang guru musik. Baik itu guru di sekolah reguler atau di tempat kursus diluar sekolah, peranan seorang guru musik sangat besar karena bisa membuat orang-orang yang belajar di tempatnya bisa bermain musik dengan baik.

 

8. Terapis Musik

Menggunakan berbagai metode, seperti membuat sebuah komposisi serta menggabungkannya dengan berbagai unsur bebunyian lainnya adalah pekerjaan seorang terapis musik. Musik yang dibuatnya dibuat khusus untuk sebuah terapi pengobatan bagi para pasien yang membutuhkan. Seperti yang sudah kita tahu bahwa sekarang ini musik sudah digunakan untuk pengobatan melalui mendengarkan musik-musik yang dibuat khusus.

 

9. Sound Engineer

Ketika teknologi dan musik bersatu, disinilah ada peranan seorang sound engineer. Seorang sound engineer harus benar-benar tahu peralatan sound yang digunakan agar musisi sound yang dihasilkan tidak mengalami masalah.

 

10. Musisi Studio

Pekerjaan lainnya yang masih berhubungan dengan dunia musik adalah menjadi seorang musisi studio. Pekerjaan ini merupakan pekerjaan bagi para musisi yang mahir memainkan alat musik untuk bekerja bermain musik pada beberapa waktu untuk sebuah keperluan seperti proses rekaman atau mengiringi seorang penyanyi.

 


Tags : Muss, Musik, Dj, Konser

Share on :