POSTED ON 22 Nov 2016

21 0

Mengenal Teknologi CGI yang Ada di Film Hollywood


Movers, pernah enggak sih kamu membayangkan bagaimana sebuah film dengan tampilan visual yang super keren? Jawabannya adalah CGI alias Computer-generated imagery, artinya visualisasi yang digerakkan dengan komputer. Dan enggak heran kalau kualitas CGI dari tahun ke tahun semakin keren, alasannya adalah perkembangan pesat dari teknologi komputer. 

 

Sejarahnya berawal dari para animator yang merupakan artis yang menggambar menggunakan tangan. Gambar-gambar hasil goresan tangan mereka nantinya ditumpuk dalam berbagai layer sehingga menciptakan sebuah animasi saat digerakkan, dan itu adalah kartun tradisional. 

Banyak pecinta film mengingat bagaimana digital remastering dari film Star Wars begitu terkenal, dimana animasi komputer digunakan untuk meningkatkan film secara digital. Langkah awal animasi CGI termasuk animasi dua dimensi. Bagian ini melibatkan komputer melakukan apa yang dilakukan animator selama bertahun-tahun – menciptakan lusinan gambar setiap detik secara berurutan untuk menciptakan efek visual dari animasi.

 

Bedanya, dalam hal ini terletak pada kemajuan desain grafis komputer, hasil gambarnya menjadi jauh lebih baik daripada yang dihasilkan para animator kartun. Periode awalnya terletak pada format gambar bergerak GIF. Cara membuatnya adalah dengan cara menyatukan serangkaian gambar diam yang berubah dari frame ke frame dengan jeda waktu yang disesuaikan oleh pembuat GIF tersebut.

Nah, GIF adalah bentuk dasar dari animasi komputer. Jika kita melihat animasi 3 dimensi CGI hari ini, jawabannya adalah kemampuan memproses. Semakin hari, kemampuan komputer untuk memproses sesuatu semakin tinggi, maka para animator komputer sudah dapat menciptakan model 3 dimensi untuk memulai. Komputer zaman sekarang mampu menghitung dan mengubah bagian terkecil dari sebuah objek 3 dimensi. 

 

Tapi kamu enggak perlu minder, Movers. Meski komputer kamu pas-pasan, dan bukan sekelas studio besar, kamu sudah bisa bikin CGI yang keren, bahkan ada software gratis untuk itu yang bernama Blender. Konsep dari animasi 3 dimensi CGI sekarang merupakan evolusi dari animasi dasar kartun menjadi sesuatu yang hendak merepresentasikan realisme seakurat mungkin. Hal ini dilakukan dengan cara membagi 3 dimensi ke segmen sekecil mungkin, lalu mengatur bagaimana bagian kecil dari sebuah objek di dunia nyata dapat bergerak, bereaksi, dan berubah berdasarkan objek dan kondisi lain di dalam dunia 3 dimensi tersebut.

 

Tags : Film, Film Barat, Teknologi Film, CGI

Share on :