POSTED ON 14 Nov 2016

18 0

10 Rekor Dunia Terbaik di Bidang Musik


Buku Guinness World Records menjadi buku yang berhasil mengumpulkan rekor yang dibuat di seluruh dunia. Rekor yang ada dalam buku ini dibuat dari berbagai hal, mulai dari yang terbaik bahkan terburuk, aksi berbahaya, hingga rekor yang menginspirasi banyak orang. Salah satu rekor terbaik yang sudah tercatat merupakan rekor di bidang musik. Dan berikut ini merupakan 10 rekor dunia terbaik di bidang musik yang perlu Movers tahu:

 

Alat Musik Terbanyak yang Dimainkan Dalam Sebuah Karya Musik

Rupah Sarmah, menjadi pemimpin sebuah pagelaran musik yang akan mencetak rekor baru. Permainan musik yang melibatkan vokal dan banyak alat musik. Setidaknya, pagelaran ini menggunakan 315 alat musik berbeda dan melibatkan 476 musisi secara bersamaan dalam satu panggung.

 

Karir Terlama Sebagai Guru Musik

Rekor dunia untuk karir terlama sebagai guru musik diraih oleh Charles Wright. Dia lahir pada 24 Mei 1912 dan mulai mengajar piano pada tahun 1931. Karirnya sebagai guru musik dilakukannya selama 76 tahun hingga dia meninggal pada 19 Juli 2007 saat berusia 95 tahun 56 hari.

 

Acara Musik di Radio Terlama

Acara musik yang disiarkan terlama sepanjang sejarah radio adalah Arbeidsvitaminen yang telah disiarkan setiap hari kerja di sebuah radio di Belanda yaitu AVRO Radio 3FM yang sudah mulai mengudara dan meyiarkan acara musik sejak 19 Februari 1946. Wah, lama juga ya.

 

Pagelaran Drama Musikal Paling Banyak Dimainkan

Drama musikal bertajuk The Fantasticks yang dimainkan oleh Tom Jones dan Harvey Schmidt menjadi drama musikal yang dimainkan paling banyak. Drama musikal ini mulai dibuka pada 3 Mei 1960 dan berakhir pada 13 Januari 2002. Rekor yang dicatat oleh pagelaran ini adalah 17.162 kali memainkan sebuah drama musikal.

 

Jugling Sambil Bermain Piano Tercepat

Dan Menendez menjadi pria yang bisa memainkan bola jugling dan dipantulkan pada sebuah piano sehingga menghasilkan sebuah lagu yang harmonis. Jugling sambil bermain piano tersebut berhasil mengantarkannya menjadi jugling sambil bermain piano tercepat di dunia.

 

Pemain Gitar Tercepat di Dunia

Daniel Kurt Himebauch merupakan gitaris yang memegang rekor dunia sebagai pemain gitar tercepat. Rekor ini dipecahkannya melalui sebuah permainan gitar yang memainkan karya Flight of the Bumblebee pada 8 September 2012. Biasanya, karya ini lazim dimainkan pada tempo 170 BPM, namun Daniel berhasil memainkannya pada tempo yang sangat tepat yaitu pada tempo 1300 BPM. Keren!

 

Kursus Musik dengan Peserta Terbanyak

Rekor kursus musik dengan peserta terbanyak dibuat pada 7 agutus 2007 di Amerika Serikat. Kursus musik ini diikuti oleh 1.377 peserta yang bersama-sama belajar cara bermain gitar. Acara ini diselenggarakan oleh Old Town School of Folk Music di Chicago.

 

Pemain Theremin Terbanyak

Theremin merupakan alat musik yang menggunakan sensor gerak pemainnya untuk dapat menghasilkan bunyi tanpa harus disentuh. Biasanya alat musik ini lebih akrab kita dengan di film-film fiksi ilmiah. Sebanyak 272 musisi theremin asal Jepang berhasil memecahkan rekor sebagai kelompok musik theremin terbanyak.

 

Piano yang Diaminkan Oleh Orang Banyak Secara Bersamaan

Biasanya, alat musik piano dimainkan oleh satu orang saja. Namun sekelompok mahasiswa dari Royal Northern College of Music telah berhasil membuat sebuah rekor baru yaitu bermain piano terbanyak yang dimainkan secara bersamaan dalam satu buah piano yang dimainkan oleh 16 orang sekaligus.

 

Orkestra Terbesar

Queensland Musik Festival menjadi saksi terbentuknya sebuah rekor baru. Sebanyak 7224 musisi yang tergabung dalam sebuah kelompok orkestra memecahkan rekor sebagai orkestra terbesar di dunia. Sebelumnya rekor ini sudah dibuat di Kanada pada tahun 2000 yang berhasil membuat sebuah orkestra terbanyak yaitu sebanyak 6.452 musisi.

 

Foto: www.nba.com

 

Tags : Rekor, Rekor Dunia, Musik

Share on :