POSTED ON 27 Okt 2016

22 0

Kenapa Nomor 10 Dianggap Keramat di Sepakbola?


Kalau ada satu nomor yang paling fenomenal dan keramat di sepakbola, itu adalah nomor 10. Coba sekarang, Pele, Messi, Rooney, Maradona, Del Piero dan sekian banyak pemain top adalah pengguna nomor 10. Posisinya pun sebenarnya sangat identik, yaitu pemain depan yang sering memberi pengaruh cukup besar terhadap pertandingan, baik itu menyusun serangan, memberi assist, maupun mencetak gol. Tapi kenapa, sih? 

 

Pada saat penggunaan nomor punggung diberlakukan, 11 pemain diberi nomor 1-11 dengan urutan 1 untuk kiper, dan sisanya terus membesar hingga pemain depan menggunakan nomor paling besar. Formasi paling sering digunakan pada awalnya pun 2-3-5, dengan dua bek, tiga gelandang, dan tiga penyerang. Meski pada akhirnya formasi yang digunakan bervariasi menjadi 4-4-2, aturan penomoran tetap digunakan.

 

Seperti nomor 4 dan 5 untuk bek tengah, 2 dan 3 untuk bek sayap, 7 dan 11 untuk gelandang sayap, 6 dan delapan untuk gelandang tengah, serta 9-10 untuk penyerang. Makanya itu, nomor 10 lebih sering menjadi nomor keramat karena krusialnya posisi pemain yang bermain dengan nomor tersebut.

 

Namun sekarang, aturan tersebut sudah lebih fleksibel, tidak selalu begitu aturannya. Makanya, kalau Movers pernah nonton Liga Italia beberapa tahun lalu, bisa melihat kiper bernama Lupatelli yang menggunakan nomor 10, dan striker bernomor punggung 2 misalnya. Jadi, siapa pemain nomor 10 favorit Movers?

 

Tags : Sepakbola, Bola, Football

Share on :