POSTED ON 17 Okt 2016

13 0

10 Gitar Termahal yang Pernah Terjual


Perkembangan musik semakin hari selalu mengalami kemajuan ke arah yang lebih baik. Beberapa musisi legendaris yang mencatat karya-karya emas tentunya menjadi sepenggal sejarah yang baik untuk perjalanan musik di dunia. Tak hanya musisinya, beberapa alat musiknya juga memiliki cerita tersendiri yang membuatnya menjadi istimewa. Beberapa alat musik seperti gitar bahkan bisa terjual dengan harga yang sangat tinggi karena memiliki cerita yang unik. Tahukan Movers, gitar termahal yang pernah dijual? Jika belum tahu, langsung disimak ya artikel kali ini.

Asia Fender Stratocaster

Gitar paling mahal adalah sebuah Fender Stratocaster yang berharga $2,7 Juta. Gitar ini memiliki tanda tangan Mick Jagger, Paul Mcartney, dan beberapa orang gitaris dunia lainnya. Gitar bertanda-tangan musisi ternama ini dijual pada tahun 2005 dengan harga tinggi dan dana yg didapat akan disumbangkan untuk para korban tsunami di daerah asia.

 

1968 Stratocaster

Gitar Stratocaster tahun 1968 yang pernah dimainkan oleh Jimi Hendrix di acara Woodstock 1969 ini kabarnya dibeli oleh seorang bernama Paul Allen pada tahun 1998 seharga $2 juta.

 

Washburn 22 Series Hawk

Gitar bersejarah milik Bob Marley ini memiliki harga $1,2 juta hingga $2 juta. Gitar ini merupakan gitar milik pemerintahan Jamaica karena menjadi gitar kebanggan bagi musik reggae.

 

Stratocaster Hybrid “Blackie”

Sebuah gitar stratocaster milik Eric Clapton terjual dengan harga $959,500 pada tahun 1970. Pada awalnya, Eric memainkan gitar Gibson dan mulai beralih untuk menggunakan gitar strato. Sebanyak enam gitar stratocaster dia beli dan beberapa ia bagikan kepada gitaris lain seperti George Harrison.

 

1964 Gibson ES0335 TDC

Sebuah gitar Gibson milik Eric Clapton juga terjual dengan harga $847,500. Gitar ini pernah dimainkan oleh Eric pada tahun 1964 dan menjadi salah satu gitar termahal yang dulu pernah digunakan oleh Eric Clapton.

 

CF Martin & Co, Circa 1939

Gitar termahal lainnya ternyata masih berasal dari Eric Clapton. Gitar akustik Martin miliknya dijual seharga $791,500 dan hasil yang didapat digunakan untuk sebuah pusat rehabilitasi milik Eric Clapton.

 

1965 Fender Composite Stratocaster “Lenny”

Gitar milik Stevie Ray Vaughan terjual dengan harga $623,500. Gitar ini merupakan gitar pemberian istrinya, Lenny sebagai hadiah ulat tahun Stevie. Stratocaster ini merupakan salah satu gitar favorit Stevie dan sering digunakan untuk berbagai pertunjukan musiknya.

 

1964 Gibson SG

Gitar Gibson seri SG terjual seharga $570,000. Bukan tanpa alasan gitar ini dijual dengan harga mahal, George Harrison dan John Lennon pernah menggunakan gitar ini untuk rekaman beberapa lagu yang ada pada album The Beatles yang sangat legendaris.

 

Gold Leaf Stratocaster

Pada perayaan hari jadi ke 50 tahun perusahaan gitar Fender, Eric Clapton meminta dibuatkan sebuah gitar yang unik. Perusahaan gitar ternama itu pun kemudian membuatkan Eric sebuah stratocaster yang dilapisi emas asli. Gitar ini kemudian terjual dengan harga tinggi yaitu $455,550.

 

1949 Fender Broadcaster Prototype

Gitar prototype seri Broadcaster terjual dengan harga $375,000. Gitar ini merupakan gitar pertama yang kini menjadi cikal bakal terciptanya gitar Fender Telecaster yang sangat diminati banyak gitaris di seluruh dunia.

 


Tags : Gitar, Musik, Musisi

Share on :