POSTED ON 30 Sep 2016

43 0

7 Fakta Menarik Tentang Medali Olimpiade


Salah satu impian yang dimiliki oleh seorang atlet adalah menjadi seorang Olympian atau atlet yang berlaga di Olimpiade. Dan target selanjutnya setelah memenangi medali emas adalah mendapatkan medali, tentunya emas. Deretan medali yang diperebutkan ini memiliki sederet fakta unik yang menarik untuk diketahui. Seperti yang disajikan oleh Money Museum di Colorado Spring, berikut faktanya.

 

1. Citius, Altius, Fortius

Motto Olimpiade yang artinya “Lebih Cepat, Lebih Tinggi, Lebih Kuat” ini telah menjadi motto resmi sejak tahun 1924 dan tertulis di medali Olimpiade musim dingin sebanyak empat kali, tapi belum pernah muncul di medali dari Olimpiade musim panas.

 

2. Rangkaian bunga untuk peringkat pertama

Pada Olimpiade pertama tahun 1896, atlet yang memenangi lomba mendapatkan rangkaian bunga zaitun dan medali perak. Baru pada Olimpiade musim panas 1904 di St. Louis, Amerika Serikat, medali emas, perak, perunggu diperebutkan.

 

3. Medali Olimpiade Musim Dingin lebih berat

Medali di Olimpiade Musim Panas cenderung memiliki desain klasik, sementara untuk Musim DIngin lebih bebas, lebih besar, tebal, dan berat.

 

4. Karya seni dilombakan di Olimpiade

Dari 1912 hingga 1948, diadakan karya seni dilombakan di Olimpiade dan para pemenang dinilai dari karya seni yang terinspirasi oleh olahraga. Kategori yang diperlombakan termasuk arsitektur, karya sastra, musik, lukisan, dan patung.

 

5. Mengapa para Olympian menggigit medali

Hal ini biasanya berdasarkan permintaan fotografer dan juga kebiasaan di masa lampau dengan menggigit emas sebagai cara untuk menguji keaslian dan kemurnian emas.

 

6. Pemenang emas terbanyak sepanjang masa

Michael Phelps menjadi pemenang emas terbanyak sepanjang sejarah Olimpiade mengalahkan rekor sebelumnya yang dipegang oleh Larisa Latynina, pesenam asal Uni Soviet.

 

7. Medali emas tidak sepenuhnya emas

Terakhir kali medali emas benar-benar terbuat dari emas murni diberikan pada Olimpiade Musim Panas tahun 1912 di Stockholm, Swedia. Medali emas terbua dari 92,5 persen perak, dan harus mengandung 6 gram emas.


Tags : Olimpiade, Sejarah, Sejarah Olimpiade

Share on :