POSTED ON 29 Sep 2016

14 0

Kejadian Unik yang Terjadi di Rio 2016


Banyak kontroversi yang terjadi di perhelatan Olimpiade Rio 2016 bulan lalu, tapi enggak sedikit juga momen-momen seru dan unik yang menghiasi gelaran di salah satu kota terbesar di Brazil tersebut. Dimulai dari pembukaan sampai penutupan enggak berhenti untuk menyajikan kehebohan, apa saja sih?

 

Lee Eun-ju dari Korea Selatan dan Hong Un-jong dari Korea Utara berfoto selfie sebagai bukti bahwa meskipun negara satu sama lain lagi perang. Membuktikan bahwa olahraga bisa jadi alat pemersatu.

 

Rafaela Silva mendapatkan emas di cabang Judo 57 kilogram. Rafaela yang berasal dari daerah kumuh di Rio de Janeiro ini pernah didiskualifikasi dari Olimpiade London 2012.

 

Rami Anis, perenang dari tim para pengungsi yang kabur dari Suriah tahun 2015 untuk menyeberangi Laut Mediteranea ke Turki mendapatkan tepuk tangan dari para penonton meski gagal memenangi nomor gaya bebas 100 meter pria.

 

Tim Rugbi Fiji memenangi emas pertama Olimpiade sepanjang masa setelah mengalahkan Inggris Raya 43-7 di final.

 

Pesenam asal Amerika Simone Biles yang masih berusia 19 tahun memukau para penonton di Olimpiade untuk memenangi emas di cabang all-around wanita. Hingga olimpiade berakhir, dia mendapatkan 4 emas dan 1 perunggu.

 

Warna air di Maria Lenk Aquatics Centre menjadi bahan pembicaraan karena warna air yang biru menjadi hijau keruh dalam semalam. Panitia menganggap hal tersebut dikarenakan oleh bahan kimia pada air.

 

Doaa Elghobashy, pemain voli pantai Mesir menggunakan hijab saat bertanding.

 

Katie Ledecky, perenang asal Amerika mengalahkan rekor dunianya sendiri untuk memenangi cabang 800m gaya bebas wanita di final dengan 8 menit 4,79 detik. Lebih cepat 12 detik dari para pesaingnya. Selain itu, Katie juga mendapatkan emas dari cabang 200m gaya bebas, 400m gaya bebas, dan 4x200m gaya bebas estafet.

 

Almaz Ayana, pelari maraton memecahkan rekor dunia sebelumnya dengan waktu lebih dari 14 detik di nomor 10.000m wanita.

 

Joseph Schooling, perenang asal Singapura yang mengidolakan Michael Phelps berhasil mengalahkan idolanya dengan memenangi gaya kupu-kupu 100m. Enggak lama kemudian, foto Schooling dengan Phelps pada Olimpiade Beijing 2008 langsung viral.

 

Walaupun sempat jatuh di tengah-tengah perlombaan, pelari maraton Mo Farah dari Inggris Raya menjadi atlet track and field Inggris Raya pertama yang mendapatkan tiga medali emas di Olimpiade dengan mempertahankan gelar 10.000m.

 

Penyelam dari Tiongkok, He Zi baru saja mendapatkan medali perak dari cabang 3m springboard wanita saat Qin Kai, sesama penyelam masuk ke podium dan melamarnya. He Zi mengatakan, “yes!”

 

Usain Bolt, pelari asal Jamaika tersenyum ke kamera saat memenangi lari 100m pria di semifinal. Dia akhirnya menang di babak final dengan 9,81 detik, dan mendapatkan medali emas ke tiga untuk cabang 100m dalam tiga olimpiade.

 

Wayde van Niekerk, pelari asal Afrika Selatan memecahkan rekor dunia 400m pria dengan jarak 0,15 detik yang sudah berusia 17 tahun milik Michael Johnson untuk memenangi medali emas.

 

Meski David Katoatau, atlet angkat besi dari Kiribati selalu menari setiap kali berhasil mengangkat beban. Meski hanya mampu menempati peringkat 6 di babak final Grup B 105kg pria, tapi penonton sudah pasti tak akan melupakan itu.

 

Shaunae Miller dari Bahamas terjatuh di garis finish dan berhasil memenangi medali emas cabang 400m wanita.

 

Semangat olimpiade ditunjukkan oleh Nikki Hamblin dari Selandia Baru dan Abbey D’Agostino dari Amerika Serikat yang saling menolong saat tabrakan pada cabang lari 5.000m wanita. Keduanya melanjutkan pertandingan dan menyelesaikan lomba.

 

Brazil membalas kekalahan 7-1 di Piala Dunia 2014 dari Jerman dengan cara membalasnya di final Olimpiade sepakbola pria untuk mendapatkan emas.

 

Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe memakai baju berkarakter Super Mario sebagai sambutan untuk Olimpiade selanjutnya yang akan diadakan di Tokyo tahun 2020.

 


Tags : Olimpiade, Olimpiade Rio 2016, Olimpiade Brazil 2016, Rio 2016

Share on :