POSTED ON 27 Sep 2016

21 0

Cara Membuat Film Animasi Dalam 10 Tahap


Film animasi merupakan genre film yang paling banyak mendatangkan keuntungan beberapa tahun ke belakang, dan meski terlihat rumit, kalau Movers mau mempelajari, bisa banget kok. Ada 10 langkah yang bisa kamu tempuh untuk membuat film animasi, apa saja?

 

1. Menggambar

Sebelum masuk ke dalam teknologi animasi, hal pertama yang harus terbayang adalah, bakalan kelihatan seperti apa sih film animasi kamu? Dan caranya adalah dengan menggambar. Buat visualisasi tentang seperti apa tokoh dan dunia di film animasi kamu.

 

2. Buat flipbook

Flipbook atau buku yang kalau dibuka halaman selanjutnya bakal menciptakan gambar yang berkesinambungan bisa memberi kamu gambaran mengenai pergerakan untuk animasi kamu. Kamu jadi tahu apakah gambar di halaman selanjutnya nyambung atau enggak sama gambar dari halaman sebelumnya, dan begitu seterusnya. 

 

3. Pindai

Dengan atau memindai, kamu bisa memindahkan data gambar tersebut ke dalam komputer dalam format digital agar bisa dibuat menjadi hidup. Pastikan kamu menyimpannya secara berurutan supaya lebih gampang untuk disusun.

 

4. Pindahkan

Kalau kamu enggak punya scanner atau alat pemindai, kamu bisa menggunakan kamera dan memotret gambar-gambar tersebut dan secara manual dipindahkan ke komputer kamu.

 

5. Edit

Jika gambaran tangan kamu kerasa kurang memuaskan, maka kamu bisa melakukan editing dengan komputer. Banyak banget software yang menyediakan itu seperti Photoshop atau GIMP. Ingat, jangan sampai gambarnya ngegeser supaya setelah disatukan, animasinya tetap mulus. 

 

6. Windows Movie Maker

Untuk permulaan, Windows Movie Maker menjadi software yang paling mudah untuk menyatukan file-file gambar kamu untuk dijadikan gambar bergerak.

 

7. Pindahkan gambar

Saat kamu sudah membuka Windows Movie Maker, klik “File” dan klik “Import into Collections” dan gambar-gambar tersebut akan muncul di layar komputer kamu.

 

8. Add To Timeline

Setelah di-import ke dalam Windows Movie Maker, klik kanan pada gambar yang telah dipindahkan, dan klik satu persatu secara berurutan. Setelah selesai, klik “Add to Timeline”. Lakukan untuk masing-masing file gambar. 

 

9. Hapus

Lalu hapus semua gambar dengan label “Collection” yang tertulis dengan huruf besar. Hati-hati jangan klik atau hapus gambar yang berlabel “Video”.

 

10. Efek Video

Klik All pada semua gambar satu per satu, dan ketika sebuah box kotak muncul, klik pada “Video Effects”, dan klik “Speed Up, Double” dan klik Add. Pilih “Speed Up, Double” hingga enam kali lalu klik Ok.

 

Film animasi kamu sudah jadi! Mari ditonton.

 

Tags : Film, Film Animasi, Flipbook

Share on :