POSTED ON 26 Sep 2016

30 0

Sejarah Singkat Perkembangan Film Animasi


Industri film animasi semakin hari semakin berkembang, dan menciptakan film-film yang enggak berhenti untuk semakin keren. Industri film animasi ini sampai tahun 2008 diperkirakan berharga 68,4 juta dollar dan itu sebelum film Frozen diciptakan. Animasi menjadi genre film yang paling mendatangkan keuntungan dengan margin keuntungan mencapai 52% dibanding film action yang hanya mencapai 48%. 

Tentunya kesuksesan ini enggak diraih dengan semalam. Animasi memiliki sejarah kurang lebih satu abad sejak film animasi pertama dirilis. Meski banyak film pendek yang menjadi film animasi awal, contohnya Gertie the Dinosaur yang dirilis di tahun 1914. Film pertama yang dianggap sebagai film animasi panjang adalah El Apostol. Film berdurasi 70 menit ini menjadi film animasi panjang pertama, sekaligus yang mendatangkan keuntungan secara komersil. 

 

Selanjutnya, Walt Disney Studio yang melekat banget sama istilah “animasi” dan banyak yang menganggap bahwa film Snow White and the Seven Dwarfs sebagai film animasi pertama karena secara keseluruhan merupakan hasil gambar dan tidak dianggap sebagai film yang hilang.

Sejak Disney Studio muncul beberapa dekade ke belakang, belum ada lagi highlight di dunia film animasi sebesar Toy Story yang animasinya secara keseluruhan dibuat dengan komputer. Dibuat di tahun 1995, Toy Story masih saja keren banget sampai sekarang dan masih layak banget untuk ditonton berulang-ulang. 

 

Dengan kemampuan animasi computer-generated imagery mencetak begitu banyak keuntungan di industri ini, maka dibutuhkan ide-ide segar baru dari para pembuat film muda untuk mengembangkan dan bahkan merevolusi dunia animasi di masa yang akan datang.


Tags : Film, Film Barat, Film Kartun, Film Animasi, Animasi

Share on :