POSTED ON 05 Agustus 2016

21 1

Ternyata Ada Musik Gamelan Indonesia yang Diputar Di Luar Angkasa


Sebuah satelit yang bernama Voyager diluncurkan pada tahun 1977 untuk menjelajahi luar angkasa. Bersama dengan peluncuran tersebut, NASA juga membawa sebuah piringan musik yang bisa dimainkan di luar angkasa. Musik yang terpilih dalam misi penerbangan kali ini terdiri dari 27 lagu yang diambil dari seluruh dunia untuk mewakili negara-negara tersebut. Salah satunya adalah musik gamelan jawa berjudul “Kinds of Flowers” yang direkam oleh Robert Brown.

 

Musik-musik tersebut dipilih untuk mewakili beberapa keragaman bahasa dan budaya yang ada di bumi. Dengan disertakannya berbagai musik dari seluruh dunia ini diharapkan bisa menjadi salah satu media berkomunikasi jika suatu saat ada kehidupan lain di luar bumi. Musik dipilih menjadi salah satu media berkomunikasi bukan tanpa alasan, seperti yang sudah kita tahu bahwa bahasa musik merupakan bahasa yang universal dan bisa diterima oleh siapa saja.

 

Kita patut bangga dong ya, Movers. Salah satu musik yang kita punya yaitu gamelan bisa terpilih kedalam kompilasi musik yang didalamnya juga memuat beberapa musik klasik karya komposer dunia seperti Bach, Mozart dan Beethoven tersebut. Kabar terbaru menyebutkan bahwa kini, keberadaan voyager sudah semakin berada jauh dari matahari sebagai pusat tata surya yaitu sejauh 11,6 miliar mil dari bumi. Keren ya!

 

Tags : Musik, Gamelan

Share on :