POSTED ON 29 Juli 2016

16 0

10 Konser Musik Paling Epik Sepanjang Masa


Dalam setiap konser musik, para musisi akan selalu memberikan penampilannya yang terbaik. Beberapa konser musik yang sudah pernah digelar ternyata sangat membekas di hati para penikmat musik hingga sekarang. Bukan hanya menyajikan lagu-lagu yang terbaik, namun gaya panggung serta beberapa kejadian yang tidak bisa dilupakan ikut serta hadir dalam beberapa konser musik tersebut. Berikut ini merupakan 10 konser musik paling epik sepanjang masa:

1. Bob Dylan (Newport Folk Festival – 25 Juli 1965)

Tampil di acara tahunan seperti Newport Folk Festival bukanlah hal yang baru bagi Bob Dylan. Setelah sempat tampil 2 tahun berturut-turun pada event yang sama yaitu pada tahun 1963 dan 1964, pada tahun 1965 Bob Dylan tampil dengan penampilan yang tidak biasa. Dia mengajak 5 rekannya musisinya untuk mengubah gaya panggung akustiknya menjadi lebih elektronik. Gaya musik baru yang bibawakan oleh Bob Dylan dan pemusiknya kala itu mendapat cemoohan dari para penonton yang hadir dan membuat Bob Dylan enggan untuk ikut kembali di acara festival musik selama 37 tahun.

 

2. The Beatles (Shea Stadium – 15 Agustus 1965)

Konser musik kali ini bukanlah konser yang terbaik yang pernah The Beatles rasakan. Menggelar konser di Shea Stadium menjadi titik balik karir The Beatles yang membuat mereka menjadi enggan untuk kembali menggelar konser serupa dan tidak ingin kembali memasuki studio rekaman. Namun konser ini menjadi bersejarah karena setelah menggelar konser tersebut, The Beatles mendapatkan sebuah hal baru yang mengubah gaya bermain musik mereka.

 

3. Jimi Hendrix (Monterey Pop Festival – 18 Juni 1967)

Hal gila yang dilakukan oleh Jimi Hendrix terjadi pada konser di Monterey Pop Festival tahun 1967 yaitu ketika di waktu-waktu akhir penampilannya Dia melakukan atraksi gila membakar gitarnya di atas panggung dan membuatnya menjadi terkenal hingga sekarang.

 

4. The Doors ( Dinner Key Auditorium – 1 Maret 1969)

Bagi Jim Morrison sang vokalis band The Doors, bertindak gila di atas panggung bukanlah sebuah hal yang aneh. Dia sering kali tampil dengan keadaan yang kacau karena mabuk. Hingga pada suatu ketika dia harus berurusan dengan polisi yang berada di depan panggungnya karena dianggap kurang sopan. Dia kemudian ditangkap karena kekacauan yang dibuatnya diatas panggung.

 

5. Woodstock (15-18 Agustus 1969)

Festival yang diselelnggarakan selama empat hari ini menjadi salah satu konser musik rock terbaik yang pernah ada. Banyak musisi ternama yang hadir mulai dari Santana hingga Jimi Hendrix. Para musisi besar ini tampil dengan membawakan lagu-lagu dan aksi panggung terbaik mereka.

 

6. The Rolling Stones (Altamont Speedway – 6 Desember 1969)

Konser The Rolling Stones di Alamont Speedway pada tahun 1969 ini sangat epic bukan karena musik yang mereka bawakan. Namun bukan berarti penampilan mereka di atas panggung tidak baik, namun menjadi sangat terkenal karena kekacauan yang terjadi antara penonton dengan klub motor Hells Angel. Klub motor yang dipercaya untuk mengamankan acara tersebut nyatanya malah membuat keonaran dan berakhir dengan tewasnya penonton yang ditikam oleh anggota klub motor tersebut.

 

7. Bruce Springsteen (The Roxy – 7 Juli 1978)

Penampilan Bruce Springsteen beserta E Street Band yang menjadi band pengiring pada tahun 1978 di The Roxy menjadi salah satu konser musik paling bersejarah bagi perjalanan bermusik mereka. Pada saat mengikuti konser tersebut, Bruce dan rekan-rekan musisinya masih menjadi calon bintang dan kini menjadi sangat besar namanya oleh karena penampilan mereka yang sangat menawan pada waktu itu.

 

8. US Festival (3-5 September 1982)

Festival musik dan budaya yang digelar di California ini awalnya dibuat untuk menyatukan beberapa genre musik dalam satu waktu. Festival ini menghadirkan musisi rock ternama seperti Santana, The Kinks dan Tom Petty dan mengundang band lainnya yang masih terbilang baru seperti The Police.

 

9. Metallica (Tushino Airfield – 28 September 1991)

Konser Metallica di Tushino Airfield pada tahun 1991 merupakan salah satu konser dalam rangkaian tur dunia mereka untuk album “Black Album”. Konser ini bersifat gratis dan mampu mendatangkan satu juta penonton dan membuatnya menjadi konser terbesar yang pernah dibuat oleh band Metallica.

 

10. The Freddie Mercury Tribute Concert (20 April 1992)

Konser yang digelar lima bulan setelah meninggalnya vokalis Band Queen, Freddie Mercury ini dibuat sebagai dukungan dari para musisi besar terhadap penyakit AIDS. Meninggalnya Freddie karena AIDS membuat para musisi besar seperti Guns N’ Roses, Metallica, Def Leppard dan U2 untuk menggelar konser amal yang hasil dari konser tersebut akan digunakan untuk penelitian penyakit AIDS.

 

Tags : Konser, Konser Musik, Metallica, Freddie Mercury

Share on :