POSTED ON 15 Juni 2016

13 0

10 Musisi Terkenal yang Mengalami Kekurangan Fisik


Memiliki kekurangan fisik sebenarnya bukanlah penghalang bagi siapapun untuk bisa berkarya dan menjadi seseorang yang hebat. Dengan semangat yang kuat dan tekad yang bulat, apapun yang menjadi impian setiap orang bisa menjadi kenyataan meskipun memiliki kekurangan fisik. Jadi Movers, berikut ini 10 musisi terkenal meskipun memiliki kekurangan fisik:

 

1. Ludwig Van Beethoven

Pada usia 26 tahun, pianis sekaligus komposer besar yang berasal dari Jerman ini divonis menderita gangguan pendengaran. Bagi seorang musisi, memiliki pendengaran yang baik merupakan hal yang wajib dimiliki. Namun, kehilangan pendengaran yang diderita Beethoven nyatanya tidak membuatnya berhenti bermusik, terbukti dengan banyaknya karya-karya yang dibuatnya meskipun sudah tidak lagi bisa mendengar.

 

2. Django Reinhardt

Saat berusia 18 tahun, Reinhardt yang sejak kecil sudah menyukai permainan gitar dan biola mengalami kejadian yang tidak menyenangkan yaitu terbakar dalam sebuah kejadian kebakaran yang kemudian harus rela mengamputasi sebagian tangan kirinya dan kaki kanannya menderita lumpuh. Hilangnya beberapa anggota tubuh tidak memudarkan semangat bermusik Reinhardt, ia malah semakin rajin berlatih gitar kembali hingga menjadi seorang yang ahli bermain gitar khususnya musik jazz.

 

3. Ray Charles

Ray harus menderita kebutaan sejak masih berusia tujuh taun. Namun dengan bantuan semangat dari Ibunya, ia pun mulai belajar piano, organ, saksofon, klarinet dan trompet. Mulai usia 15 tahun ia pun sudah mulai berkeliling dan bermain di banyak panggung musik dan menjadi seorang yang berbakat di musik Jazz.

 

4. Hank Williams

Seorang bintang musik country ini mengalami gangguan tulang belakang yang kronis. Namuh hal tersebut tidak membuatnya berdiam diri, terbukti dengan banyaknya lagu-lagunya yang populer dan hits sepanjang masa.

 

5. Stevie Wonder

Stevie mengalami gangguan penglihatan sejak dilahirkan akibat terlalu banyaknya oksigen. Meski memiliki kekurangan dalam penglihatan, Stevie tidak pernah putus asa untuk belajar beberapa alat musik hingga akhirnya bakat luar biasanya tersebut ditemukan oleh Smokey Robinson dan menjadi seorang legenda hingga sekarang.

 

6. Bill Withers

Bill mengalami gagap hingga usia 28 tahun yang membuatnya kesulitan untuk berkomunikasi secara verbal. Melalui lagu-lagu yang diciptakannya, Bill kemudian sukses membuat karya yang luar biasa sekaligus menjawab kekurangan yang dimilikinya selama ini melalui musik.

 

7. Rahsaan Roland Kirk

Sejak kecil, Roland Krik sudah kehilangan penglihatannya namun tidak dengan kecintaannya terhadap musik. Seringkali tampil dengan penampilan yang unik, Dia pun semakin terkenal karena permainan musiknya yang menawan.

 

8. Ian Dury

Terserang penyakit polio tidak membuat Ian Dury kehilangan kecintaannya terhadap musik. Hal tersebut malah membuatnya semakin bersemangat menciptakan karya-karya yang hebat seperti "Hit Me With Your Rhythm Stick" dan lagu "Sex & Drugs & Rock & Roll."

 

9. Tony Iommi

Sebelum sukses menjadi seorang gitaris band metal Black Sabbath, Tony Iommi mengalami kecelakaan pada usia 17 tahun yang harus rela kehilangan ujung jari tengah dan jari manis di tangan kanannya. Kejadian tersebut rupanya semakin membuat Tony bersemangat untuk bermain gitar hingga menjadi gitaris band terkenal sekelas Black Sabbath.

 

10. Rick Allen

Pada tahun 1984, Drumer Def Leppard ini mengalami kecelakaan mobil yang membuatnya harus kehilangan lengan kirinya. Sempat berpikir untuk berhenti bermusik, namun melalui dorongan dari rekan-rekan bandnya Rick pun kembali bersemangat dan melanjutkan karir bermusiknya sebagai seorang drumer.

 

Tags : Musik, Musisi, Stevie Wonder, Rick Allen, Ian Dury

Share on :