POSTED ON 09 Juni 2016

19 0

Kenapa Musik Baik untuk Kesehatan Kamu?


Movers pasti sudah pada tahu dong kalau dengan mendengarkan musik yang disukai bisa membuat mood menjadi lebih baik? Nah, baru-baru ini para ilmuwan juga menemukan hasil melalui penelitian yang dilakukannya tentang musik. Ternyata, selain bisa membuat mood menjadi baik, mendengarkan musik juga memberikan manfaan baik bagi kesehatan. Apa saja sih manfaatnya? 

1. Meringankan Sakit Punggung Kronis

Sistem otak dan saraf kita memiliki ANS (Autonomic Nervous System) yang bertanggung jawab mengendalikan tekanan darah, tekanan jantung, dan mengontrol perasaan dan emosi. Sistem initernyata memiliki reaksi dengan musik. Saat mendengarkan musik dengan tempo yang lambat, sistem tersebut membuat tekanan darah dan detak jantung menjadi lambat, otomatis membuat otot-otot di tubuh termasuk punggung menjadi tidak tegang. Hal ini diperkuat dengan penelitian di Rumah Sakit Umum Salzburg, Austria yang diterbitkan dalam The Vienna Medis Weekly Journal menyebutkan bahwa pasien yang mejalani perawatan sambil diperdengarkan musik dengan tempo yang lambat merasakan nyeri yang lebih sedikit daripada yang tidak mendengarkan musik ketika perawatan.

 

2. Meningkatkan Produktivitas Berolahraga

Berolahraga sambil mendenagrkan musik terbukti bisa meningkatkan produktivitas karena bisa membuat perasaan menjadi lebih baik dan mengalihkan perasaan yang tidak menyenangkan saat berolahraga. Seperti penelitian yang dilakukan oleh Dr Robert Herdegen dari Perguruan Tinggi Hampden Sydney di Virginia, Amerika yang melakukan penelitian pada 12 orang laki-laki untuk bersepeda. Orang-orang yang bersepeda sambil mendengarkan musik mampu melakukan perjalanan sepedanya 11% lebih jauh daripada orang-orang yang tidak mendengarkan musik. Jenis musik yang cocok digunakan untuk meningkatkan produktivitas saat berolahraga adalah musik yang upbeat atau yang memiliki tempo yang cepat.

 

3. Mempertajam Ingatan

Seiring dengan bertambahnya usia, fungsi memori atau ingatan kita akan menurun. Namun hal tersebut dapat kita cegah dengan rutin mendengarkan musik. Mengingat kembali nada dan lirik yang ada pada lagu ternyata mampu membuat otak kembali mengingat yang membuat otak tetap bekerja sebagaimana mestinya sehingga ingatan kita tetap tajam. Latihan ini bisa Movers lakukan dengan cara mendengarkan lagu-lagu yang Movers sukai.

 

Tags : Musik, Mandat Musik, Mendengar Musik

Share on :