POSTED ON 16 Mei 2016

19 0

Kenapa Film Bollywood Identik Sama Tari-tarian?


Movers, hal apa yang pertama kali terlintas saat ngedenger film India alias Bollywood? Pasti, nari-nari kan. Di film Bollywood sering banget kita lihat para pemerannya nari-nari apapun kondisinya, ditangkep polisi, pacaran di hutan, masuk ke rumah, pokoknya macam-macam deh. Ternyata itu bukan hal yang aneh, karena sejak akhir dekade 50-an hingga 60-an, grup tarian sudah mulai masuk ke dalam film-film Bollywood, dan seiring dengan perkembangan zaman, banyak perubahan dalam tari-tarian di film Bollywood.

 

Tarian di film Bollywood identik dengan tarian klasik dan tradisional, termasuk yang disebut Kathak dan Bharata Natyam. Perkembangan tarian tersebut mulai terpengaruh oleh negara luar India dengan campuran nuansa musik Jazz, Hip-Hop, Arab, dan juga Latin. Banyaknya penari berbakat di India membuat Bollywood semakin lama semakin identik dengan tarian khas pada film-filmnya. Hingga sekarang, film Bollywood punya tarian khas sendiri yang sering mereka terapin di film-filmnya, dan kebanyakan sudah terkena pengaruh gaya barat.

 

Pentingnya elemen nari dan lagu di film Bollywood ternyata terkait banget sama kebiasaan di film India. Menurut artikel dari Time.com, kekuatan di film India terletak di cara mereka nunjukkin ekspresi. Kalau mereka lagi bahagia banget, enggak cukup ditunjukkin sama mimik muka dan dialog yang menyenangkan, oleh karena itu, dimasukkin lah lagu-lagu untuk nunjukkin bahwa mereka lagi sangat sangat bahagia. Begitu juga untuk ekspresi lain, marah, sedih, jatuh cinta. 

 

Di luar itu, alasan lainnya adalah karena mayoritas penduduk India hidup di bawah garis kemiskinan, makanya film Bollywood nunjukkin hal yang benar-benar kebalikan sama kehidupan mayoritas warga di India, yang secara rasional enggak bisa dimiliki, seperti nari-nari, nyanyi-nyanyi, dan perempuan cantik. 

 


Tags :

Share on :