POSTED ON 20 Mei 2016

19 0

Gimana Sih Cara Ngebedain Musik-musik EDM?


Electronic Dance Music atau yang lebih sering disingkat sebagai EDM merupakan musik yang belakangan ini sedang banyak digandrungi, khususnya oleh anak-anak muda. Musiknya yang futuristik dan bertempo tinggi seringkali mampu memacu adrenalin dan berhasil membuat siapapun yang mendengarnya menjadi ingin menari. Namun dari sekian banyaknya musik EDM yang ada, terkadang kita dibuat bingung kalau harus negbedain antara jenis yang satu dengan yang lainnya. Biar gak bingung, Movers harus tahu dulu jenis-jenis musik EDM berikut ini:

 

Techno

Musik EDM jenis techno ini sering disebut memiliki range nada yang tinggi serta beat yang cukup cepat. Musik techno ini merupakan jenis musik EDM yang paling akrab dengan telinga kita karena sound yang digunakan tidak begitu aneh dan masih wajar.

 

Trance

Musik trance ini membuat para pendengarnya seperti terbang dan ingin menari dalam waktu yang bersamaan. Musik trance juga memiliki tempo yang cukup cepat dan sering disebut sebagai musik klub karena sering dimainkan di klub-klub.

 

Trap

Movers pasti tau dong sama lagu EDM yang bikin gempar seluruh dunia karena goyangannya yang random abis? Ya, Harlem Shake! Lagu ini termasuk ke dalam jenis trap!

 

Glitch Hop

Seperti namanya, glitch hop ini sering disebut sebagai musik yang tidak sempurna atau cacat. Penggunaan sound yang kurang lazim pada musiknya sering kali disebut aneh bagi sebagian orang. Meski begitu, penikmat musik glitch hop ini bisa dibiliang tidak sedikit lho, Movers!

 

Industrial

Musik industrial sering kali disebut sebagai musik “gelap” di kalangan pecinta musik EDM. Nuansa yang dihasilkan musik ini terdengar “minor” dan lebih dark sehingga terasa sedikit mencekam.

 

Drum And Bass

Jenis musik drum and bass ini menggabungkan komposisi musik yang mengalun dengan permainan drum dan bass yang dominan. Pola permainan drum dan bass yang enerjik membuat siapapun yang mendengarnya menjadi lebih bersemangat.

 

Chillout

Gak semua musik EDM itu berisik dan bisa memacu adrenalin. Seperti jenis chillout ini. Meskipun sound yang dihasilkan berasal dari musik elektronik, tapi musik jenis ini bisa membuat pendengarnya merasa santai dan rileks.

 

House

Sound jadul, pengulangan terus-menerus, dan terasa begitu datar. Inilah ciri house music yang bagi kebanyakan orang terasa sangat membosankan.

 

Dubstep

Ini merupakan jenis musik EDM yang bisa dibilang paling populer belakangan ini. Drop yang dikombinasikan dengan berbagai sound mirip robot ini selalu berhasil membuat para pendengarnya menganggukan kepala. Musisi ternama seperti Skrillex merupakan salah satu DJ yang sering memainkan musik-musik dubstep.

 

Hardstyle

Jenis musik hardstyle ini merupakan gabungan dari hard techno dan hardcore. Memiliki tempo yang cepat yang selalu berasa ingin loncat setiap kali mendengar musiknya.

 
foto: www.theodysseyonline.com

Tags :

Share on :