POSTED ON 24 Mei 2016

11 0

8 Manfaat Belajar Musik di Usia Dini


Bagi kebanyakan orang, musik sudah menjadi sebuah hal yang tidak bisa dipisahkan dari kegiatan sehari-hari. Musik terkadang bisa menjadi sebuah mood booster yang bisa membuat suasana hati menjadi lebih baik. Begitu juga dengan belajar musik pada usia dini. Beragam kegiatan seperti bernyanyi, bermain piano, membaca notasi, hingga bermain bersama dalam sebuah ensemble musik ternyata memberikan banyak manfaat bagi anak. Lalu, apa saja manfaat dari belajar musik di usia dini? Langsung disimak aja ya, Movers!

  1. Melatih berbicara dan mengingat kosa kata: Bernyanyi dan melafalkan syair lagu juga bisa meningkatkan kemampuan bicara pada anak. Selain itu, latihan ini sangat efektif memperkaya dan mengingat kosa kata yang baik untuk menunjang kemampuan berbahasa.
  2. Melatih kekuatan memori otak: Membuat sebuah komposisi musik ternyata mampu meningkatkan fungsi kognitif atau memori pada anak berusia dini.
  3. Melatih kemampuan mendengar: Dalam bermusik, khususnya ketika sedang memainkan musik secara berkelompok baik di dalam band ataupun orchestra secara tidak langsung bisa melatih pendengaran karena kita dituntut untuk memperhatikan musisi lain agar musik yang dihasilkan menjadi harmonis.
  4. Melatih keterampilan motorik: keterampilan motorik atau gerak ini juga bisa lebih dilatih melalui musik. Anak dalam usia dini akan lebih terlatih keterampilan motoriknya melalui berlatih memainkan alat musik.
  5. Melatih semua sensor: Saat belajar musik, seluruh sensor dalam tubuh kita mulai dari melihat, mendengar, bergerak, akan terlatih secara bersamaan sehingga semakin mengasah otak anak.
  6. Melatih berinteraksi: Belajar musik secara tidak langsung dapat melatih anak untuk berinteraksi sosial. Saat berada dalam sebuah grup musik, anak kemudian menjadi lebih terlatih dan mahir dalam berinteraksi dengan orang lain.
  7. Merangsang kreatifitas dan imajinasi: Bermusik membutuhkan kreatifitas dan imajinasi yang cukup tinggi. Dengan belajar musik, anak dituntut untuk mengasah kreatifitas dan imajinasi mereka saat membuat dan memainkan musik sehingga bisa lebih mengekspresikan diri mereka.
  8. Mencintai musik: Meski belajar musik saat usia dini tidak akan serumit orang dewasa, berbagai kebiasaan baik dari belajar bermusik ini bisa memberikan banyak manfaat bagi kita di usia yang akan datang.

foto: www.telegraph.co.uk


Tags :

Share on :