POSTED ON 25 Mei 2016

21 0

Musisi Inilah yang Memengaruhi Si Pianis Cilik Joey Alexander


Josiah Alexander Sila atau yang lebih dikenal dengan Joey Alexander merupakan seorang pianis cilik yang belakangan ini sedang menjadi buah bibir di masyarakat karena kesuksesannya sebagai musisi muda dalam ajang Grammy Awards 2016. Melalui album pertamanya yang bertajuk “My Favorite Things”, berhasil mengantarkannya ke panggung penghargaan musik Internasional dan menyabet dua nominasi sekaligus yaitu untuk kategori Best Improvised Jazz Solo dan Best Jazz Instrumental Album. 

 

Pada usia yang masih sangat muda, Joey menjadi musisi Indonesia pertama yang berhasil masuk kedalam nominasi dan tampil satu panggung bersama musisi-musisi dunia lainnya pada ajang Grammy Awards 2016. Kesuksesan ini juga disambut baik oleh masyarakat Indonesia khususnya, karena salah satu anak bangsa terbaik akhirnya bisa mewakili Indonesia bisa tampil membanggakan.

 

Keahlian Joey Alexander dalam bermusik tidak didapat begitu saja, musisi yang lahir di Denpasar pada 25 Juni 2003 ini sudah diperkenalkan dengan musik jazz ketika masih berusia 6 tahun oleh Ayahnya sendiri. Keinginan sang Ayah agar anaknya bisa mahir dalam bermain musik berawal ketika Joey kecil diberikan hadiah berupa keyboard. Dari sana, bakal Joey dalam meainkan tombol-tombol piano semakin terasah.

 

Joey sendiri mengaku bakatnya dalam bermain piano didapat secara otodidak, dia mengaku lebih senang belajar musik dengan cara learning by listening. Dengan banyak mendengarkan musik dari musisi hebat, secara tidak langsung bisa mempengaruhi dan memberikan inspirasinya dalam bermain musik. Musisi-musisi yang banyak memberikan pengaruh dalam musik Joey Alexander antara lain Duke Ellington, Thelonious Monk, Bill Evans dan John Coltrane. Musisi lain yang juga menjadi inspirasi Joey adalah dari para pemain trumpet handal seperti Clifford Brown, Lee Morgan, Miles Davis dan Wynton Marsalis.

 

foto: www.nytimes.com

 


Tags :

Share on :