POSTED ON 11 Mei 2016

12 0

Angka-angka Mengejutkan dari Industri Film India, alias Bollywood


Movers, film dari negara mana sih yang kamu suka? Pasti kebanyakan berkiblat ke Hollywood ya. Ternyata bisnis perfilman terbesar enggak Cuma ada di Hollywood lho, tapi juga di salah satu negara Asia, tepatnya di India dengan industri film yang terletak di Mumbai yang sering disebut Bollywood.

Kenapa Bollywood patut dianggap sebagai industri film yang besar? Itu karena perputaran uang di sana sangatlah impresif. Untuk jumlah filmnya aja, di tahun 2012 terdapat 1.602 film dan dalam rentang waktu tersebut berhasil ngejual sejumlah 2,6 milyar lembar tiket. Meski demikian, penghasilannya memang masih enggak sebanding sama Hollywood di mana tahun 2012, pendapatan kotor dari Hollywood hampir US$11 milyar sementara di Bollywood ‘cuma’ sekitar US$1,6 milyar atau masih lebih kecil dari industri film Tiongkok atau Jepang.

 

Kalau kamu baru mau mulai nonton film Bollywood, lebih baik mulai dari 5 film tersukses secara keuntungan yang pernah mereka rilis, yaitu Chennai

Express, 3 Idiots, Ek Kha Tiger (Once There Was a Tiger), Yeh Jawaani Hai Deewani, dan Dabangg 2. Mungkin masih asing buat kamu, tapi tentunya kamu tahu kan, Shah Rukh Khan, ya, dia adalah aktor Bollywood tersukses yang kekayaannya bahkan ngelebihin Tom Cruise, dan ada di posisi ke dua di bawah Jerry Seinfeld, lho, keren kan?

 

Makanya, meskipun mungkin gaungnya kurang kedengeran di Indonesia, tapi percaya deh, Bollywood itu betul-betul memenuhi hasrat hiburan untuk mereka di India, dengan angka pendapatan yang rendah, mereka tetap bisa bertahan.

 

Tags :

Share on :