POSTED ON 27 Apr 2016

16 0

Kapan Pertama Kali Three Points Diperkenalkan di NBA?


Ajang bola basket National Basketball Association atau yang lebih dikenal dengan NBA merupakan sebuah liga bola basket pria yang digelar di Amerika Serikat dan menjadi liga bola basket paling populer di dunia. Saat pertama didirikan di New York City pada 6 juni 1946, liga ini diberi nama BAA atau Basketball Association of America dan seiring dengan semakin terkenalnya liga ini berganti nama menjadi NBA hingga sekarang.

Salah satu peraturan dalam bola basket yang paling menarik adalah lemparan bola ke keranjang yang memiliki nilai lebih dibanding lemparan biasanya yaitu lemparan tiga angka atau three points. Meski NBA menjadi sebuah liga yang cukup tua dan paling populer di dunia, namun dalam perjalannya liga ini terhitung lambat dalam menggunakan peraturan three points ini.

 

Pada tahun 1930an garis tiga angka ini sudah mulai dibuat. Namun sejarah mulai terjadi di liga bola basket Amerika Serikat ini pada tahun 1970an saat NBA memutuskan untuk mulai menggunakan peraturan three points. Tepatnya pada 12 oktober 1979 seorang pemain dari Washington Bullets, Kevin Grevey mencetak tembakan tiga angka pertama dalam sejarah pertandingan basket resmi NBA. Karena peraturan ini membuat permainan basket NBA semakin menegangkan, maka hingg sekarang terus dipakai dan selalu membuat permainan basket menjadi lebih menarik.

 

Hingga saat ini, rekor pencetak three points masih dipegang oleh seorang pemain tim Golden State Warriors, Stephen Curry yang memecahkan rekor sebagai pemain NBA tercepat mencetak 1000 point melalui tembakan three points. Curry melakukan itu dalam 369 pertandingan mengalahkan pemegang rekor sebelumnya, Dennis Scott yang membutuhkan sebanyak 457 pertandingan.

 

Tags :

Share on :